Gaya Hidup

Anak Mengidap Panic Attack? Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Senin, 27 Januari 2020 - 04:08 | 199.42k
ilustrasi panic attack. (foto: shutterstock)
ilustrasi panic attack. (foto: shutterstock)

TIMESINDONESIA, MALANG – Peran orang tua sangat penting pada anak yang mengidap panic attack atau serangan panik. Apa saja yang bisa dilakukan orang tua?

Panic attack atau serangan panik bisa dihadapi oleh orang tua dengan memberikan pengertian bahwa serangannya tidak berbahaya.

Selain memahami, orang tua juga harus memberikan arahan tertentu. 

“Sehingga bisa membantu serangan panik secara mandiri. Karena anak - anak mampu diajari mengubah respon perasaan dan perilaku yang negatif. Jadi pola asuh yang digunakan bukan dengan memberikan pola asuh yang berlebihan namun dengan memberikan pikiran - pikiran positif. Sehingga anak sendiri akan mampu turut berfikir positif,” papar Abyz Wigaty, mentor sekolah parenting, MInggu (26/1/2020).

Edisi-Rabu-29-Januari-2020-panik-attack.jpg

Apabila anak mengalami serangan panic attack, lanjutnya, maka orang tua harus tetap tenang. Namun perlu diingat orang tua tidak memberi perlawanan respon. 

“Bukan dengan ‘jangan panik jangan panik’, namun dengan memberikan arahan bagaimana cara mengatasinya (panic attack). Seperti bagaimana tarik nafas lalu menghembuskan, mengalihkan pikiran ke benda benda yang nyata dan bisa disentuh,” jelas Bunda Abyz, panggilan akrabnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES