Peristiwa Daerah

Ada Muktamar Kopi Pesantren di Ponpes Zainul Hasan Genggong, Seperti Apa?

Sabtu, 25 Januari 2020 - 20:18 | 172.09k
Gus Haris saat membawakan tujuh lagu di acara Muktamar Kopi Pesantren. (Foto: Ryan H/TIMES Indonesia)
Gus Haris saat membawakan tujuh lagu di acara Muktamar Kopi Pesantren. (Foto: Ryan H/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Jika anda penikmat kopi, ada agenda Muktamar Kopi Pesantren di Ponpes Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo, Jatim, akhir pekan ini. Isinya, festival kopi yang diikuti puluhan peracik kopi di tanah air. 

Acara ini bertajuk Muktamar Kopi Pesantren – Art Exhibition. Berlangsung mulai Sabtu (25/1/2020) malam, hingga Minggu (26/1/2020). Selama dua hari pelaksanaan, pecinta kopi dapat mencicipi cita rasa kopi terbaik.

Panitia pelaksana menyebut, Muktamar Kopi Pesantren ini merupakan yang pertama di Indonesia. Tak hanya festival, ada juga seminar, bedah buku kopi, bazar hingga lomba seduh kopi tubruk.

Muktamar-Kopi-Pesantren.jpgMuktamar Kopi Pesantren di Ponpes Zainul Hasan Genggong (foto: Kang Dolex for TIMES Indonesia)

Permasalahan tentang kopi mulai dari hulu hingga hilir akan dikupas. Diantaranya tips menjaga kualitas hasil panen kopi serta cara mengatasi hama dan penyakit tanaman kopi.

Juga bagaimana meningkatkan produktifitas hasil tanaman kopi dan sebagainya. Komunitas santri di Indonesia kan juga banyak sehingga acara ini bisa menjadi pangsa pasar yang cukup efektif.

“Komunitas petani kopi di Kabupaten Probolinggo ini lumayan banyak, dan sekarang lagi booming komunitas kopi. Sehingga perlu pencerahan dan informasi bagaimana cara bertani kopi,” kata Ketua Panitia, Intan Cahya Kurnia Sari.

Berdasarkan data BPS, setiap tahun, lebih dari 2 ribu ton kopi dihasilkan dari tanah Probolinggo. Tersebar di delapan kecamatan yang ada di dataran tinggi. Di antaranya merupakan kopi organik.

Muktamar Kopi Pesantren merupakan rangkaian Ngaji Tani Akbar dan Munas Santri Tani Nusantara yang digelar dalam waktu bersamaan. Juga di Ponpes Zainul Hasan Genggong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES