Pemerintahan

Indonesia Bakal Punya Green Forested Campus

Sabtu, 25 Januari 2020 - 10:24 | 76.11k
Wakil Presiden Kabinet Kerja, Jusuf Kalla saat meninjau UIII didampingi Menteri Agama, Fachrul Razi dan Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono. (FOTO: kemenag)
Wakil Presiden Kabinet Kerja, Jusuf Kalla saat meninjau UIII didampingi Menteri Agama, Fachrul Razi dan Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono. (FOTO: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia bakal punya kampus hijau yang indah (Green Forested Campus), Universitas Islam Internasional (UIII) di Cimanggis, Depok, Jawa Barat yang pembangunan fisiknya telah memasuki tahap I.

Kampus ini berdiri di atas areal seluas 142,5 Ha. Proyek multiyears yang berlangsung sejak 2019 hingga 2024 ini diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp  3,9 triliun.

Dalam tahap I pembangunannya terdiri dari asrama mahasiswa, perumahan dosen, pembangunan rektorat dan satu gedung fakultas, serta infrastruktur dan jalan. 

Jusuf-Kalla-2.jpg

Asrama mahasiswanya dibangun dalam bentuk twin building (bangunan kembar). Bangunan ini terdiri dari delapan lantai yang akan mampu menampung sekitar 268 mahasiswa.

Asrama Mahasiswa yang dibangun oleh PT WIKA ini memiliki berbagai fasilitas, mulai dari lobby, ruang tamu, kamar mahasiswa, kamar mahasiswa difable, toilet, hingga pantry. 

Mengapa disebut Green Forested Campus? Wakil Presiden Kabinet Kerja, Jusuf Kalla saat meninjau lokasi kampus ini, Jumat (24/1/2020) mengatakan, sejak awal pembangunan kampus ini konsepnya didesain mengedepankan semangat ramah lingkungan atau green campus. 

Ada 7 prinsip yang digunakan yaitu mempertahankan keindahan yang abadi, epystemic community, pedestrian environment, bicycle environment, futuristic, iconic, menjadi pusat peradaban, dan menyatu dengan alam. 

"Danau saja kita bangun ada beberapa. Kemudian untuk bangunan, hanya kita bangun tidak lebih dari 20 persen dari total areal 142,5 Ha itu," jelas JK dengan didampingi Menteri Agama, Fachrul Razi dan Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono. 

Menteri Agama Fachrul Razi berharap keberadaan Kampus UIII akan membawa perubahan besar bagi dunia islam.

Jusuf-Kalla-3.jpg

Menurutnya saat ini banyak pihak yang ingin belajar tentang islam di Indonesia. "Banyak yang ingin belajar Islam di sini. Lebih menarik lagi, kampus ini dibangun dengan konsep green campus dan sangat futuristik," ujar Menag. 

Untuk mendukung operasional Kampus UIII, Kementerian PUPR pun juga mulai membangun masjid dan perpustakaan di tengah kampus yang disebut kawasan tiga pilar.

"Saat ini mulai dibangun masjid dan perpustakaan. Sementara fakultas tipe A juga akan dikejar pengerjaannya, sehingga September bisa mulai digunakan," kata Menteri PUPR.

Kami akan mulai semacam kuliah matrikulasi, atau short course," kata Rektor UIII Komarudin Hidayat.

Kampus UIII ini nanti akan menerima mahasiswa pasca sarjana dari dalam dan luar negeri. "Komposisinya 50 persen dari dalam, dan 50 persen dari luar negeri," tambahnya.

Kampus hijau yang indah (Green Forested Campus) Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang kini sebagian pembangunan fisiknya memasuki tahap I di Cimanggis, Depok, Jawa Barat itu akan mulai beroperasi perkuliahannya pada September 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES