Peristiwa Daerah

Dicky Meiriando, Selalu Berinovasi dalam Pengabdian 18 Tahun Sebaga Birokrat

Sabtu, 25 Januari 2020 - 10:17 | 38.07k
Dicky Meiriando, Selalu Berinovasi dalam Pengabdian 18 Tahun Sebaga Birokrat
Dicky Meiriando Sekretaris Diskominfo Musi Banyuasin (FOTO: Istimewa)
Pewarta: Fathur Rochman | Editor: Wahyu Nurdiyanto

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – "Lakukanlah perubahan, walaupun kecil namun akan memberikan dampak yang besar" itulah kalimat yang selalu menjadi spirit bagi Sang Pamong Praja bernama lengkap Dicky Meiriando, SSTP, MH yang saat ini menjabat Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan.

Pria yang akrab disapa Dicky ini merupakan salah satu dari 600-an Pamong Praja Muda lulusan STPDN Angkatan X yang dikukuhkan oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri pada tahun 2002 silam yang kemudian disebar keseluruh pelosok nusantara.

Tahun ini genap 18 tahun Dicky mengabdi di Bumi Serasan Sekate. Ia membagi cerita pengalaman selama bertugas yang kariernya ditapaki dari bawah, ketika bertandang ke TIMES Sumsel, di Graha Kopi TIMES - Kantor Akhmad Yudianto, SH.

Musi-Banyuasin-2.jpg

Setelah mengikuti masa penyesuaian kerja selama 6 (enam) bulan di Badan Kepegawaian Daerah, Kecamatan Keluang menjadi tugas kewilayahan perdana bagi Dicky. Meskipun disaat itu kondisi wilayah Kecamatan Keluang belum sebaik infrastrukturnya sekarang, namun tidak menyurutkan semangatnya mengabdi.

"Kondisi jalan yang belum baik, listrik belum menyala 24 jam dan tingkat kriminilitas yang masih tinggi ketika itu, tidak mengurungkan niat saya untuk melakukan inovasi. Saya masih ingat ketika itu, mengusulkan untuk dibelikan Laptop agar paparan Pak Camat ketika musrenbangda sudah menggunakan power point dan infokus. Alhasil presentasi Pak Camat diapresiasi Pak Bupati, bahkan ketika itu Bappeda sendiri masih menggunakan OHP dan kertas transparan," kenang Dicky.

Selain itu, Dicky melakukan inovasi lain dengan mengusulkan pembuatan Loket Pelayanan Masyarakat Satu Pintu di Kantor Camat Keluang, setelah mendapatkan dan membaca Buku Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO.

Ketika itu belum ada kecamatan yang menerapkan. Beberapa tahun kemudian setelah tidak bertugas lagi di kecamatan, Pak Bupati menerapkan kebijakan SMM ISO 9001:2000 di lingkungan Pemkab Muba.

Setahun bertugas Dicky dipromosikan menduduki jabatan eselon IV.b sebagai Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Sungai Lilin. Selama bertugas disini Dicky tetap membawa gagasannya mengusulkan kepada Pak Lurah untuk membuat Loket Pelayanan Masyarakat Satu Pintu dan merupakan kelurahan pertama di Muba yang menerapkan. Disamping itu, Dicky juga melakukan penataan administrasi pertanahan dan mengagas dibentuknya Kawasan Perkotaan Sungai Lilin.

Setahun mengabdi Dicky kembali dipromosikan untuk menduduki jabatan eselon IV.a sebagai Kasubbag Umum dan Perjalanan Dinas Bagian Protokol Sekretariat Daerah Muba tahun 2006 dan kemudian mutasi jabatan di eselon yang sama sebagai Sekretaris Camat Bayung Lencir di tahun 2007 dan ketika ada kebijakan sekcam naik eselon. Dicky dilantik kembali menduduki eselon IIIb sebagai Sekretaris Camat Bayung Lencir tahun 2008.

Inovasi Pelayanan Masyarakat diusung kembali oleh Dicky. Namun ketika itu belum semoat terealisasi, mengingat lebih memprioritaskan membantu Pak Camat dalam mensukseskan proses pemekaran kecamatan Tungkal Jaya dan agenda Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumsel Periode 2008-2013. Namun disini Dicky mendapatkan amanah sebagai Ketua Kwartan Pramuka dan lebih fokus melakukan kegiatan kepemudaan dan kepramukaan.

Di tahun 2009, Dicky dimutasi dalam jabatan eselon yang sama sebagai Sekretaris Camat Sungai Lilin. Dibawah kepemimpinan Pak Camat yang masih muda, enerjik dan inovatif senior diatas 3 tahun. Inovasi Loket Pelayanan Masyarakat Satu Pintu berjalan dengan baik. "Ketika itu dibangun Loket Layanan yang memiliki standar seperti di Bank dan diresmikan langsung oleh Bupati Muba", ujar Dicky.

Akhir di tahun 2010, Dicky dipromosikan menduduki jabatan eselon III.a sebagai Camat Plakat Tinggi. Dengan mengusung Branding Plakat Tinggi Kecamatan Wisata, Dicky sukses menggelar Festival Plakat Tinggi dan Sedekah Bumi. Dicky juga yang mengusulkan nama jalan raya plakat tinggi untuk diganti menjadi Jalan Raya Pangeran Pekik Nyaring.

Kemudian Dicky kembali dimutasi dalam eselon yang sama di tahun 2010 sebagai Kabag Humas. Dicky mengubah mindset petugas humas dari "back officer" menjadi :front officer". Petugas Humas harus menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan masyarakat. Ketika ada unjuk rasa Petugas Humas yang didepan melakukan negosiasi. Dicky juga yang menggagas pembentukan Pusat Layanan Informasi PPID dan Newsroom media online beritamuba.

Di tahun 2016 menjabat sebagai Kabag Protokol diera kepemimpinan Plt Bupati Beni Hernedi dan Plt Bupati David BJ Siregar. Ketika itu dengan mengusung branding "Good Protocol", Dicky mengubah cara kerja dan penampilan protokol.

Musi-Banyuasin-3.jpg

"Ketika itu saya ubah performance petugas protokol dari yang tampang sangar menjadi ramah, tidak diperbolehkan memakai baju PDH Safari diganti PDH kemeja merah lengan panjang pakai dasi hitam dan menerapkan metode kerja Prototainment (Protocol Entertainment)", kenang Dicky sambil tersenyum.

Di tahun 2017, Dicky dimutasi sebagai Kabag Hukum. Latar belakang pendidikan hukum tata pemerintahan, kemudian kuliah di magister ilmu hukum serta sempat kuliah doktoral ilmu hukum yang konsen ke ilmu administrasi negara membuat Dicky lebih fokus untuk melakukan program penataan perundang-undangan.

Dicky yakin sengketa hukum yang terjadi saat ini akibat penataan hukum yang kurang baik. Oleh karena itu menurut Dicky Hukum yang baik adalah Hukum yang dibuat dengan benar.

Dalam tugas ini, Dicky mengingkan untuk mewujudkan Muba yang Maju diperlukan adanya kesadaran untuk mematuhi hukum secara sadar tanpa paksaan.

Oleh karenanya Dicky menggagas Program Muba Cerdas Hukum yang ditandai dengan dilaunchingnya Aplikasi JDIH versi Android dan e-Legal Drafting dan Penandatangan Kerjasama LBH untuk Program Bantuan Hukum Gratis oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dan Kepala Kanwil Hukum dan HAM Sumsel.

Tidak sampai setahun mengabdi sebagai Kabag Hukum Dicky mendapat tugas baru sebagai Sekretaris Dinkominfo Muba dan sempat menjabat sebagai pelaksana tugas kepala Dinkominfo Muba. Dalam tugas ini Dicky berupaya mewujudkan keinginan Bupati Muba dan Wabup Muba utuk menjadikan Muba sebagai Kabupaten Cerdas (Smart Regency).

"Alhamdulillah pada tanggal 27 November 2017, kita sudah melaunching Muba Smart Regency yang ditandai dengan peresmian Muba Command Centre dan pemasangan CCTV di titik strategis kota Sekayu,"ujarnya.

Kemudian di tahun 2018 Muba lolos seleksi dan masuk dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City yang diusung oleh Kemenkominfo RI. Kemudian Dicky menggagas adanya Layanan Emergency Call Centre dengan nama Muba Siaga 112 dan telah dilaunching oleh Bupati Muba bersama Ketua Ombudsman RI dam Dirjen PPI Kemenkominfo RI.

"Yang kemudian layanan ini berhasil mendapatkan medali perak pada ajang Contact Cente World (CCW) Asia Pasific (APAC) Tahun 2019 di Phuket Thailand", kata Dicky Meiriando. (*)


Dicky Meiriando
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Palembang
KOMENTAR

EKORAN

Kawal Informasi Seputar COVID-19 Secara Tepat dan Akurat

Ini merupakan sumber informasi inisiatif sukarela warganet Indonesia pro-data, terdiri dari praktisi kesehatan, akademisi, profesional & pemerintah.

Jumlah Kasus di Indonesia Saat Ini

2,956

+218 Positif

222

+18 Sembuh

240

+19 Meninggal
Statistik Kasus COVID-19 di Indonesia
Last update: Rabu, 08 April 2020 - 16:00 Sumber: kawalcorona.com
Honda HRV

TIMES TV

Ketua DPRD Kota Malang Sumbang dan Apresiasi MBLC

Ketua DPRD Kota Malang Sumbang dan Apresiasi MBLC

23/03/2020 - 20:12

Pembuatan Sarcovid, Karya Anak Bangsa Untuk Negeri Pertiwi

Pembuatan Sarcovid, Karya Anak Bangsa Untuk Negeri Pertiwi
Wisma Atlet di Kemayoran Sudah Bisa Dioperasian sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19

Wisma Atlet di Kemayoran Sudah Bisa Dioperasian sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19
Satu Jam Mengenal Pemikiran Didik Gatot Subroto

Satu Jam Mengenal Pemikiran Didik Gatot Subroto
Jokowi Bagi Tips Cegah Virus Corona

Jokowi Bagi Tips Cegah Virus Corona

iGuides

  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20
  • Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    23/05/2019 - 15:05

KOPI TIMES

  • Ruwah: Celah Antara Rajab dan Ramadhan
    Ruwah: Celah Antara Rajab dan Ramadhan
    08/04/2020 - 16:20
  • Menyongsong Jaman Baru Pasca Corona 2019
    Menyongsong Jaman Baru Pasca Corona 2019
    08/04/2020 - 13:36
  • Membantu Lian di Tengah Wabah Covid
    Membantu Lian di Tengah Wabah Covid
    08/04/2020 - 10:26
  • Surat untuk Najwa Shihab dari Sel Napi Koruptor Kelas Jelata
    Surat untuk Najwa Shihab dari Sel Napi Koruptor Kelas Jelata
    08/04/2020 - 10:19
  • Anggaran Gotong Royong Untuk Covid-19
    Anggaran Gotong Royong Untuk Covid-19
    08/04/2020 - 08:30
  • 7 Alasan Kenapa Kuliah di Unisma Malang
    7 Alasan Kenapa Kuliah di Unisma Malang
    08/04/2020 - 07:00
  • Problematika dan Pemecahan Masalah Pengembangan PAI di SD
    Problematika dan Pemecahan Masalah Pengembangan PAI di SD
    08/04/2020 - 05:30
  • Penerapan Konsep Pendidikan Multikultural di Lembaga Pendidikan
    Penerapan Konsep Pendidikan Multikultural di Lembaga Pendidikan
    08/04/2020 - 03:40
  • WHO Sebut Korea Selatan Juara dalam Penanganan Virus Corona, Indonesia?
    WHO Sebut Korea Selatan Juara dalam Penanganan Virus Corona, Indonesia?
    08/04/2020 - 16:35
  • Punya Suami Dokter, Vega Darwanti Khawatir Soal Virus Corona
    Punya Suami Dokter, Vega Darwanti Khawatir Soal Virus Corona
    08/04/2020 - 16:35
  • Dampak Covid-19, Rp 24 Triliun Dana Desa Dialihkan untuk Bansos
    Dampak Covid-19, Rp 24 Triliun Dana Desa Dialihkan untuk Bansos
    08/04/2020 - 16:32
  • Bantuan Sembako untuk Warga Terdampak Corona di Jakarta
    Bantuan Sembako untuk Warga Terdampak Corona di Jakarta
    08/04/2020 - 16:31
  • Tahun Ini, Kemenag Pertimbangkan Opsi Tak Kirim Jemaah Calhaj ke Tanah Suci
    Tahun Ini, Kemenag Pertimbangkan Opsi Tak Kirim Jemaah Calhaj ke Tanah Suci
    08/04/2020 - 16:30
  • Di Tengah Wabah COVID-19, Hotman Paris Tantang Anggota DPR
    Di Tengah Wabah COVID-19, Hotman Paris Tantang Anggota DPR
    08/04/2020 - 11:40
  • Geger, Ambulans Buang APD Bekas COVID-19 di Tepi Jalan Jagakarsa
    Geger, Ambulans Buang APD Bekas COVID-19 di Tepi Jalan Jagakarsa
    08/04/2020 - 00:45
  • 2 Faktor Utama Orang Bisa Terjangkit Virus Corona dengan Mudah
    2 Faktor Utama Orang Bisa Terjangkit Virus Corona dengan Mudah
    08/04/2020 - 13:00
  • Hari Kematian Terparah COVID-19 Dunia Terjadi di Amerika
    Hari Kematian Terparah COVID-19 Dunia Terjadi di Amerika
    08/04/2020 - 11:04
  • Pasangan Ini Bunuh Diri karena Takut Terinfeksi Virus Corona
    Pasangan Ini Bunuh Diri karena Takut Terinfeksi Virus Corona
    08/04/2020 - 07:00