Kesehatan

Awas! Diabetes Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

Sabtu, 25 Januari 2020 - 07:23 | 121.19k
Ilustrasi - Risiko Stroke (Shutterstock/alodokter.com)
Ilustrasi - Risiko Stroke (Shutterstock/alodokter.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit diabetes atau kencing manis ditandai dengan tingginya kadar gula darah, baik akibat kurangnya jumlah insulin maupun akibat sel tubuh tidak sensitif terhadap insulin. Diabetes yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan komplikasi serius, salah satunya adalah stroke.

Menurut American Diabetes Association, orang yang menderita diabetes memiliki risiko 1,5 kali lebih besar untuk terkena stroke.

Diabetes dapat menyebabkan stroke jika gula darah tidak terkontrol dengan baik. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya sumbatan dan deposit lemak di pembuluh darah. Ketika pembuluh darah tersumbat, suplai oksigen dan darah ke otak akan terganggu sehingga terjadilah penyakit stroke.

Edisi-Minggu-26-Januari-2020-stroke.jpg

Risiko terjadinya penyakit stroke akan semakin meningkat jika penderita sudah berusia di atas 50 tahun. Selain itu, memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, jarang berolahraga, mengalami obesitas, serta memiliki riwayat penyakit jantung atau hipertensi jiga meningkatkan risiko stroke pada penderita diabetes.

Ketika terkena stroke, penderita diabetes tiba-tiba akan mengalami gejala berupa wajah tampak turun pada satu sisi, kelemahan pada satu sisi anggota gerak, kesulitan bicara, gangguan kesadaran, dan sakit kepala yang berat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : Alo Dokter

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES