Gaya Hidup

8 Cara Ampuh untuk Mencegah Penuaan Dini

Jumat, 24 Januari 2020 - 05:31 | 389.45k
ILUSTRASI - Mencegah Penuaan Dini. (FOTO: Emeron)
ILUSTRASI - Mencegah Penuaan Dini. (FOTO: Emeron)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penuaan pada kulit merupakan proses alami. Saat menginjak usia 30 tahun, orang mulai menemukan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada kulit. Meski merupakan proses alami, Anda bisa lho mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Caranya?

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

1. Atur pola makan yang rendah gula dan kalori

Salah satu penyebab terjadinya penuaan dini adalah adanya penurunan tingkat kolagen pada kulit yang terjadi akibat konsumsi kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Munculnya kerutan, garis halus, dan kulit yang mengendur merupakan dampak dari proses gula berlebih yang merekat pada serat kolagen. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, sebaiknya hindari konsumsi gula yang berlebih.

2. Mencukupi kebutuhan minum air putih

Ketika usia bertambah tua, kulit juga akan menjadi lebih kering. Untuk itu, sebaiknya selalu jaga dan rawat tubuh untuk tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup. Selain itu, hal ini juga bisa membantu membuang racun yang ada pada tubuh. Agar optimal, minumlah air putih 8 gelas sehari atau sebanyak 2 liter.

3. Rajin membersihkan kulit

Anda dapat menggunakan make-up untuk menutupi noda-noda pada kulit. Namun ingat, Anda harus rajin membersihkan make up sebelum tidur. Kosmetik kimia dapat mempercepat munculnya keriput.

Edisi-Sabtu-25-Januari-2020-penuaan-dini.jpg

4. Olahraga

Tak bisa dipungkiri, olahraga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kencang. Hal ini dikarenakan ketika berolahraga detak jantung akan meningkat dan sirkulasi darah cenderung lebih lancar.

Sirkulasi darah yang lancar akan membantu produksi dan distribusi oksigen serta nutrisi yang cukup bagi kesehatan kulit.

5. Cukup tidur

Ketika kulit mulai mengalami penuaan, bahkan kurang tidur beberapa jam saja bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Jadi, jangan pernah lewatkan waktu tidur Anda.

6. Makanan kaya anti-oksidan

Apa yang Anda makan juga memainkan peran besar dalam memperlambat penuaan kulit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti berry, brokoli dan paprika. Mereka dapat membantu membangun kolagen segar di bawah kulit Anda.

7. Jangan menatap ponsel terlalu lama

Menurut dermatologist, menatap smartphone terlalu lama dapat menyebabkan rahang menjadi kendur. Kondisi ini disebut juga dengan fenomena tech-neck, yang diakibatkan gerakan berulang-ulang saat menatap gadget mereka. Dampaknya, wajah akan mudah berkeriput.

8. Mendetoksifikasi tubuh

Hindari mengonsumsi semua makanan olahan dan kafein. Lakukan detoksifikasi dengan mencampur segelas air lemon dan madu. Minuman ini dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Delapan hal sederhana di atas bisa Anda lakukan sebagai langkah mencegah penuaan dini. Selalu jaga kesehatan kulit wajah agar Anda selalu tampak cantik dan awet muda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES