Indonesia Positif

Unair Surabaya Kembangkan Indonesian Corner Palacky University Eropa

Rabu, 22 Januari 2020 - 16:09 | 54.02k
DARI KIRI: Toetik Koesbardiati, Ondrej Pokorny, dan Afifah Rahmania saat berada di Faculty of Arts Palacky University, Selasa (21/01/2020). (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
DARI KIRI: Toetik Koesbardiati, Ondrej Pokorny, dan Afifah Rahmania saat berada di Faculty of Arts Palacky University, Selasa (21/01/2020). (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dua delegasi Unair Surabaya melakukan kunjungan kerja ke Palacky University, Olomouc, Ceko, Selasa (21/01/2020).

Kunjungan tersebut digelar setelah mengunjungi ke kampus tertua di Eropa Tengah Charles University, Senin (20/01/2020).

Kunjungan dilakukan oleh Koordinator Program Studi S3 Ilmu Sosial Dr.phil., Dra. Toetik Koesbardiati, Ph.D dan Staff for Event and Communication Airlangga Global Engagement (AGE) Afifah Rahmania, S.Hub.Int., M.PSDM.

Unair-Surabaya-a.jpgToetik Koesbardiati dan Ondrej Pokorny bertukar cindera mata saat berada di Faculty of Arts Palacky University, Selasa (21/01/2020). (Foto: ajp.TIMES Indonesia)

Dalam kunjumngan itu, Toetik dan Afifah bertemu langsung dengan Ondrej Pokorny selaku Head of Indonesian Section. Mereka berkeliling fakultas yang ada di Palacky University dan singgah ke ruang studi bahasa Indonesia yang ada di sana.

“Ternyata mahasiswanya lumayan banyak, sekitar 50-60 mahasiswa. Kami mempromosikan beberapa program internasional, terutama AMERTA (Academic Mobility Exchange for Undergraduate at Airlangga, Red),” ujar Afifah.

Sama halnya dengan kunjungan ke Charles University, pada kunjungan ke Palacky University ini mereka juga membicarakan rencana dibukanya Indonesian Corner. Ondrej menyambut hal itu dengan antusias karena pihaknya sedang dalam usaha merintis Asean Studies Center.

Dalam pertemuan itu, Toetik juga menyebutkan perihal aktivitas Indonesian Corner yang sudah berjalan di dua kampus. Yaitu Asia University (AU) di Taiwan dan Prince Songkla Univetsity (PSU) di Thailand.

“Ia (Ondrej, Red) sangat antusias sekali. Pak Ondrej berencana menghadap rektornya untuk membahas inisiasi Indonesian Corner ini. Harapannya, tahun ini pendirian Indonesian Corner bisa terealisasi di Palacky University,” tambah Afifah.

Indonesian Corner ini nantinya akan memuat banyak informasi yang tersedia dalam berbagai media. Seperti buku, pamflet, majalah, materi baca tentang dan dari indonesia, dan materi terkait kebudayaan Indonesia.

Selain itu, Afifah mengatakan, Indonesian Corner ini nantinya diharapkan banyak menyelenggarakan berbagai aktivitas, seperti nonton bareng film Indonesia, dan pengiriman dosen untuk mengajar bahasa Indonesia baik untuk mahasiswa maupun dosen.

Yang sudah berjalan di Asia University dan Prince Songkla Univetsity, dosen dari Universitas Airlangga mengisi kasih kelas training of trainers. Tujuan utamanya untuk mengajar dosen dan guru bahasa Indonesia.

Sebagai informasi, sebelumnya Toetik dan Afifah dari Unair Surabaya telah berkunjung ke Charles University. Ada dua kesepakatan yang dilakukan dalam pertemuan itu. Yaitu, pembentukan Indonesian Corner dan program tailor-made dalam bidang antrpologi dan/atau kajian kematian di Charles University.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES