Kesehatan

Susu dan Keju Bisa Menurunkan Risiko Diabetes?

Kamis, 23 Januari 2020 - 04:14 | 115.03k
Ilustrasi Keju dan Susu (Shutterstock.com)
Ilustrasi Keju dan Susu (Shutterstock.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Orang dengan risiko terkena diabetes harus memilih makanan yang tepat agar kadar gula darah. Makanan yang benar-benar harus dihindari adalah makanan tinggi gula. Lalu makanan sehat apa yang aman dikonsumsi agar tidak meningkatkan risiko terkena diabetes?

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa mengonsumsi delapan porsi susu kaya lemak, krim, keju, dan mentega per hari bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe dua sekitar 23 persen. Satu porsi berarti 200 ml susu atau yogurt, 20 gram keju, 25 gram krim dan tujuh gram mentega.

Hasil temuan ini menguatkan temuan studi lain yang menunjukkan, lemak dalam susu lebih menyehatkan dibandingkan lemak jenuh lainnya dan dapat melindungi tubuh dari diabetes tipe dua.  

Edisi-Jumat-24-Januari-2020-diabetes.jpg

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti melibatkan 27 ribu orang partisipan berusia 45 dan 75 tahun. Mereka meneliti para partisipan ini selama 14 tahun. Selama penelitian, sekitar hampir tiga ribu orang berisiko mengembangkan diabetes tipe dua.

Selama studi, para peneliti memperhitungkan berbagai faktor seperti kebiasaan merokok, berat badan, aktivitas fisik, diet dan asupan kalori yang mempengaruhi munculnya risiko diabetes.

Hasil studi memperlihatkan, 30 ml krim per hari berhubungan dengan 15 persen lebih rendah risiko seseorang menderita diabetes. Kemudian, 180 ml yogurt kaya lemak mengurangi risiko diabetes sebesar 20 persen bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES