Gaya Hidup

Mengapa Perayaan Imlek Identik dengan Warna Merah?

Kamis, 23 Januari 2020 - 00:23 | 266.32k
ILUSTRASI - Perayaan Imlek. (FOTO: Xplode Magazine)
ILUSTRASI - Perayaan Imlek. (FOTO: Xplode Magazine)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang Imlek 2020 banyak ornamen atau baju dengan warna merah yang dipajang dan dijual di toko-toko pusat perbelanjaan. Ternyata adanya warna merah saat perayaan Imlek bukanlah tanpa alasan. 

Warna merah memiliki makna khusus. David Kwa, seorang budayawan Tionghoa, dilansir dari National Geographic, menjelaskan bahwa warna merah berarti kebahagiaan.

Kwa menuturkan, warna merah merupakan unsur dari “yang”. Warna merah dianggap sebagai warna panas, warna matahari, api, sehingga diharapkan dapat memberikan suasana kebahagiaan.

Warna merah menjadi simbol pengharapan di tahun baru, bahwa segala kesedihan dan kegelapan akan sirna digantikan dengan kebahagiaan.

Kemudian, warna merah ini juga menurut seseorang yang mempraktekan feng shui tradisional, sekaligus penulis “78 Tips Menambah Hoki Anda”, Suhana Lim, menjelaskan soal makna warna merah dalam Imlek, dikutip dari phinemo.com.

Menurut Suhana, selain memiliki makna kebahagiaan, warna merah juga dianggap sebagai simbol dari kebaikan hati, kebenaran, dan ketulusan hati.

Selain warna merah, orang Tionghoa juga menggunakan warna kuning atau warna keemasan saat perataan imlek. Warna itu disebut memiliki makna keagungan atau kewibawaan.

Selaras dengan warna merah, kuning juga dianggap sebagai lambang kemakmuran. Dengan demikian, warna kuning dan emas diharapkan dapat membawa aura positif bagi masyarakat, khususnya dalam perayaan Imlek 2020 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES