Indonesia Positif

UWG Malang Siap Dukung Program Kampus to Kampung

Rabu, 22 Januari 2020 - 09:18 | 73.33k
Rita, Kepala Humas UWG hadir dalam acara. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Rita, Kepala Humas UWG hadir dalam acara. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kepala Pusat Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PI-PMB) UWG Malang Dr. Ir. Rita Hanafie, MP bersama pimpinan perguruan tinggi se Malang Raya berkumpul di Balai Kota Malang, Selasa (21/1).

Para petinggi universitas, sekolah tinggi, institut dan akademi ini hadir memenuhi undangan Walikota Malang Drs. H. Sutiaji dalam rangka Menggalang Potensi CSR Kampus untuk Percepatan Pembangunan Kota Malang.

UWG-Malang-Kampus-2.jpg

Wali Kota Malang, Sutiaji mengajak seluruh kampus yang ada di Kota Malang untuk berperan secara langsung dalam Program Kolaborasi Perguruan Tinggi yang ada di Kota Malang dengan Pemerintah Kota Malang untuk meningkatkan Kualitas Kampung dalam berbagai bidang dengan membuat Kampung Asuh.

Ia memaparkan Program Kampus to Kampung ini dibagi menjadi empat ruang lingkup yaitu lingkup pendidikan, lingkup lingkungan, lingkup sosial dan lingkup kesehatan. 

Kampus to Kampung lingkup Pendidikan dilakukan antara lain melalui pemberian beasiswa berupa DPP dan SPP kepada lulusan SMA asli Malang (Arema) yang berprestasi, terutama dari keluarga yang tidak  mampu. 

Beasiswa ini diharapkan dikeluarkan oleh PT, sementara Pemkot bertindak selaku penyeleksi dan menyiapkan biaya hidup, biaya buku dan biaya transportasi.

Beberapa dari program ini disambut baik oleh sebagian besar yang hadir karena beberapa hal sudah dilakukan melalui program tri dharma perguruan tinggi. 

Sementara itu Rita Hanafie menyampaikan bahwa pemberian beasiswa sudah menjadi program di kampus yang berlokasi di Jl. Borobudur no. 35 Malang ini.

"Ini merupakan salah satu program yang selalu disosialisasikan menjelang PMB. Tahun 2019 ini UWG  
telah memberikan beasiswa kepada 207 mahasiswa baru," jelas Rita saat diberi kesempatan untuk menanggapi paparan Sutiaji.

Rita melanjutkan bahwa beasiswa yang diberikan meliputi beasiswa Bidik Misi, beasiswa Unggul Mulia, beasiswa Bebas SPP 2 Semester, beasiswa Bebas SPP 1 Semester dan beasiswa untuk program D3 dan Pascasarjana. 

Diakhir penjelasannya Rita menyampaikan bahwa UWG siap mendukung Program Kampus to Kampung yang digagas oleh Pemerintah Kota Malang tentunya secara proporsional sesuai dengan kemampuan kampus, baik secara finansial maupun sumberdaya manusia yang dimiliki.

Pertemuan di sore hari itu disepakati bahwa untuk program beasiswa, penjaringan calon penerima akan dilakukan oleh Pemkot Malang bekerjasama dengan Diknas untuk mengetahui prestasi calon dan dengan Dispendukcapil untuk mengetahui kemampuan orangtua calon. 

Hasil seleksi akan dikirim ke PT yang diminati oleh calon. Sementara itu Program Peningkatan Kualitas Kampung akan segera direalisasikan secara terpadu setelah para Kepala LPPM seluruh PT mengadakan koordinasi menentukan zonasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES