Indonesia Positif

BMH Bantu Binaan Kelompok Budidaya Ikan

Rabu, 22 Januari 2020 - 07:24 | 53.83k
Narasumber Budidaya Ikan dari BMH Jatim gerai Malang, Ruwiyanto (duduk sebelah kiri berkacamata) dan Penyuluh Perikanan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang, M Anas Setiawan di Studio RRI Malang, Selasa (21/1).
Narasumber Budidaya Ikan dari BMH Jatim gerai Malang, Ruwiyanto (duduk sebelah kiri berkacamata) dan Penyuluh Perikanan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang, M Anas Setiawan di Studio RRI Malang, Selasa (21/1).

TIMESINDONESIA, MALANG – Kiprah Desa Lembaga Penyiaran Publik plat merah RRI Malang telah mengudara. Kali ini mengambil tema strategi budidaya ikan serta kiat dalam pemasaran hasil panen ikan. 

Program yang membantu pemberdayaan UMKM tersebut pihak RRI Malang menghadirkan dua narasumber yaitu, penyuluh perikanan pertama dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang, M. Anas Setiawan dan Humas Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jatim gerai Malang, Ruwiyanto. 

BMH-Jatim-2.jpg

"Kami memberikan pendampingan kepada kelompok budidaya Ikan di Balearjosari, supaya ikan memiliki kualitas daging yang baik," kata Penyuluh Perikanan Kota Malang, M.Anas Setiawan. 

"Selain memberikan penyuluhan, kami juga menyediakan tempat untuk menjual hasilnya pada waktu panen." tambahnya.

Sementara itu Humas BMH Jatim gerai Malang, Ruwiyanto mengungkapkan keterlibatannya pada kelompok budidaya ikan, dikarenakan kelompok tersebut bukan hanya berorientasi pada bisnis, namun juga nilai dakwahnya. 

"Kelompok budidaya ikan di Balearjosari tujuannya untuk menghidupkan kegiatan keagamaan di musholla setempat, karena listrik dan air di suplai dari musholla, sehingga hasilnya ya tentunya untuk kemajuan dan kesejahteraan jamaah di mushola tersebut," kata Ruwi. 

Terdapat dua manajemen untuk mengelola budidaya Ikan di Balearjosari, yaitu manajemen bisnis dan manajemen dakwah atau sosial. 

Pada manajemen bisnis, hasil panen ikan dijual sesuai harga pasaran, namun pada manajemen dakwah, hasil panen hanya dijual berdasarkan harga pokok saja. 

"Untuk kepentingan sosial atau pengajian, jika ingin konsumsi menu ikan, maka kita melayani penjualan dengan harga pokok saja," ungkapnya. 

Kelompok budidaya ikan Balearjosari Blimbing Malang telah memiliki legalitas resmi, sehingga hal ini memudahkan masyarakat dalam mencari ikan yang berkualitas baik, serta banyak mengandung protein yang dibutuhkan tubuh.

"Masyarakat di Malang dan sekitarnya bisa order ikan melalui aplikasi on line dan offline, misalnya go food ataupun grab food," jelasnya. 

Terdapat beberapa varian pilihan daging ikan, misalnya filet daging lele, krispi Lele, bakso lele dan lele siap goreng.  

"Jika ingin beli lele untuk di masak sendiri, kami telah menyiapkan lele dalam packing yang bagus dengan kondisi sudah bersih dan siap goreng," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES