Peristiwa Jemaah Haji 2020

Perkuat Manasik Haji, Kemenag RI Siapkan Mockup Pesawat sampai Studio Film

Rabu, 22 Januari 2020 - 15:04 | 90.53k
Ilustrasi ibadah haji
Ilustrasi ibadah haji
FOKUS

Jemaah Haji 2020

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka memperkuat pemahaman jemaah haji pada perjalanan dan prosesi ibadah, Kementerian Agama RI (Kemenag RI) terus memperkuat sarana dan fasilitas pelayanan di asrama haji.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis memaparkan jika salah satu contoh komitmen itu adalah pada 2020 ini, asrama haji antara Gorontalo akan dibangun model tiruan atau mockup pesawat. Selain itu, juga direncanakan juga studio film untuk penayangan manasik haji.

"Ke depan dalam rangka meningkatkan pemahaman jemaah, semua asrama embarkasi maupun embarkasi antara punya prototipe mockup pesawat," ucapnya saat membuka Acara Bimtek Penyusunan dan Revisi Anggaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), Selasa (21/1/2020).

Muhajirin menyatakan jika untuk sementara fasilitas itu akan dibangun di beberapa asrama haji. "Kalau ada anggarannya tentu setiap tahun kita bangun (di tempat lain)," tambahnya.

Ia menambahkan jika tujuan dibangunnya mockup pesawat di asrama haji adalah sebagai sarana sosialisasi dan praktik naik pesawat. Dengan begitu, jemaah haji Indonesia bisa memahami fasilitas dalam pesawat, mulai dari penggunaan sabuk pengaman, toilet dan lainnya.

Selain itu, asrama haji juga akan dilengkapi studio film manasik, salah satu contohnya adalah asrama haji transit Yogyakarta. "Pembangunan studio untuk manasik ini sebagai sarana penyampaian materi secara audio visual. Setelah itu, jemaah haji melakukan praktek langsung di lapangan," ucap Muhajirin.

Film manasik yang ditayangkan Kemenag RI di asrama haji nanti dimulai proses pemberangkatan dari Tanah Air hingga proses ibadah di Tanah Suci. Digambarkan juga suasana Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. "Sehingga ketika jemaah haji tiba di Tanah Suci, mereka tidak merasa asing lagi.Jadi kita dekatkan seperti yang ada di sana," tukasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES