Gaya Hidup

Aktivitas Literasi di Kota Malang Bakal Meningkat di Tahun 2020

Selasa, 21 Januari 2020 - 19:10 | 56.93k
Ajun Nimbara, penulis muda Kota Malang. (Foto: Instagram @nimbara16)
Ajun Nimbara, penulis muda Kota Malang. (Foto: Instagram @nimbara16)

TIMESINDONESIA, MALANGLiterasi di Kota Malang bakal mengalami peningkatan di tahun 2020. Perkembangan baik ini nampak dari banyaknya kegiatan dan aktivitas literasi di Kota Malang pada tahun sebelumnya. Pengamat literasi sekaligus penulis, Ajun Nimbara, mengungkapkan bahwa indikator dari meningkatnya literasi bisa dilihat dari banyaknya event literasi di Kota Malang.

“Untuk tahun 2020 ya. Dari tahun ke tahun terus meningkat kok. Itu ada indikatornya yaitu semakin banyaknya event literasi yang ada di Kota Malang. Kemarin itu kan ada banyak kayak misalnya Patjarmerah, Brawijaya book fair, Bukabuku, dan lain - lain,” papar Ajun.

Diperkirakan tahun ini kegiatan dan penggiat akan lebih terstruktur menjelang agenda tahun ini akan lebih padat. 

“Kebanyakan memang pegiat literasi di Kota Malang ini kan komunitas - komunitas gitu. Tapi kita juga membutuh sinergi dari pemerintah. Karena jujur aja bantuannya masih kurang kami rasakan,” ujar salah satu pegiat literasi Pelangi Sastra ini.

Ajun menjelaskan literasi itu sebenarnya konteksnya sangat luas. Tidak hanya terbatas pada baca tulis. Literasi adalah memahami suatu konsep dari bacaan. Sewajarnya, literasi mampu menjadi kebutuhan bagi masyarakat yang mendorong rasa inginnya berliterasi. 

“Seharusnya literasi itu lebih ke kebutuhan sih. Jadi dengan menanamkan kebutuhan literasi ke masyarakat itu kemungkinan bakal lebih meningkat aktivitas literasi. Seharusnya masyarakat juga semakin pro aktif sih,” pungkas penulis muda Kota Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES