Pemerintahan

Bupati Blitar Lakukan Penanaman Perdana Pisang Cavendish

Selasa, 21 Januari 2020 - 14:46 | 106.59k
Bupati Blitar menanam pisang Cavendish di Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, Selasa (21/1/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Bupati Blitar menanam pisang Cavendish di Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, Selasa (21/1/2020). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARBupati Blitar Drs H Rijanto MM melakukan penanaman perdana pisang Cavendish di Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, Jawa Timut, Selasa (21/1/2020).

Penanaman pisang tersebut, merupakan  kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Blitar dengan PT Great Giant Food (GGF) dalam pengembangan kawasan holtikultura berorientasi ekspor.

Usai menanam pisang Cavendish, acara kemudian dilanjutkan dengan penanda tangan MOU antara Bupati Blitar dan PT GGF dengan perjanjian kerjasama antara PT Nusanatara Segar Abadi (NSA), anak perusahaan PT GGF dengan warga Blitar.

Bupati-Blitar-Rijanto.jpg

"Memang program pengembangan pisang Cavendish di Kabupaten Blitar ini sudah lama," jelas Bupati usai acara.

Bupati mengatakan, PT NSA telah menanamkan investasi tanam pisang Cavendish pada lahan seluas 120 hektare di Desa Ngaringan Kecamatan Gandusari yang dikelola langsung oleh PT NSA.

"Investasi itu mampu menyerap empat ratus pekerja dengan gaji di atas UMK" tambahnya.

Bupati menyebutkan, pihaknya terus melakukan pendekatan ke PT NSA untuk mengembangkan pisang Cavendish di kecamatan lain di Kabupaten Blitar

"Alhamdulillah direspons bahwa  PT NSA kemitraan dengan masyarakat termasuk salah satunya di Kecamatan Selopuro ini," imbuhnya.

Edisi-Selasa-21-Januari-2020-blitar.jpg

Bupati menargetkan pengembangan pisang Cavendish seluas 150 hektare di Kecamatan Selopuro. Namun saat ini, masih 80 hektare yang akan ditanami.

"Potensi pengembangan di sini saja 80 hektare, nanti akan menyusul Kecamatan Gandusari, Doko, Selorejo dan Kesamben," ulasnya.

Bupati memastikan penanaman pohon pisang Cavendish tidak mempengaruhi komodolitas lain karena menurutnya, Kabupaten Blitar  dikaruniai sebagai wilayah agraris yang berpontensi pertanian.

"Contoh Blitar selatan dulu tandus sekarang cabe di sana luar biasa karena kerja keras masyarakat. Melon, Bawang merah juga dari sana," tegasnya usai penanaman pisang cavendish. (KMF)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES