Indonesia Positif

De Boutique Hotel Malang Gelar Simulasi Kebakaran, ini Tujuannya

Senin, 20 Januari 2020 - 15:21 | 57.90k
Staff diberikan pengarahan oleh tim pemadam kebakaran Malang cara menggunakan APAR. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Staff diberikan pengarahan oleh tim pemadam kebakaran Malang cara menggunakan APAR. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGDe Boutique Style Hotel Malang menggelar pelatihan simulasi kebakaran bagi karyawan guna meningkatkan kewaspadaan dan melatih diri untuk secara aktif menjaga keselamatan tamu hotel dan pribadi.

Pelatihan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya rutin menjamin keselamatan dan keamanan hotel.

Kegiatan inu melibatkan beberapa staff dari tiap bagian atau divisi, seperti divisi security, engineering, food 'n beverage, house keeping, dan front officer.

Simulasi-Kebakaran-2.jpg

Manajemen hotel yang telah bekerja sama dengan tim pemadam kebakaran Kota Malang, memberikan materi dasar tentang prosedur dan cara-cara yang dapat dilakukan apabila terjadi kebakaran ringan maupun berat.

Cara pertama jika terjadi kebakaran adalah tetap bersikap tenang. Jika api tidak terlalu besar, staff hotel dapat menggunaka APAR yang telah tersedia di beberapa titik di dalam dan luar gedung De Boutique Style Hotel.

Jika api membesar, maka staff dapat mengamankan tamu hotel untuk keluar gedung terlebih dahulu dan mengevakuasinya di titik kumpul.

Beberapa cara dasar ini sudah menjadi pengetahuan dasar yang di miliki setiap staff hotel guna melakukan aksi cepat tanggap apabila terjadi kebakaran atau bencana.

Dalam masa simulasi kebakaran, para staff diberikan kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung penggunaan alat pemadam kebakaran seperti apar, fire alarm system.

Simulasi-Kebakaran-3.jpg

Tujuan mengadakan pelatihan simulasi kebakaran ini adalah untuk memberikan pengalaman taktis atau pengetahuan dan pelatihan yang memadai bagi semua karyawan serta memberdayakan mereka untuk menangani situasi yang mungkin timbul selama keadaan darurat.

De Boutique Style juga memiliki fire alarm system yang terletak di setiap lantai. Pengecekan seluruh peralatan penunjang pemadaman kebakaran rutin dilakukan oleh para staff.

Informasi mengenai evakuasi dan jalur titik kumpul juga dipastikan terpasang di semua kamar dan ruangan meeting. Safety brief dilakukan apabla tamu ingin mengetahui secara detail perlengkapan dan kesiap siagaan staff hotel dalam penangan bencana.

Serangkaian kegiatan di atas bertujuan untuk meningkatkan rasa keamanan dan kenyamanan tamu selama menginap dan melaksanakan kegiatan di De Boutique Style Hotel Malang(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES