Gaya Hidup

Jelang Imlek, Klenteng Eng An Kiong Gelar Pembersihan Altar dan Patung Dewa-Dewi

Minggu, 19 Januari 2020 - 20:54 | 85.21k
Pembersihan patung dewa-dewi di luar altar menjelang Tahun Baru Imlek. (FOTO: Istimewa)
Pembersihan patung dewa-dewi di luar altar menjelang Tahun Baru Imlek. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Jelang Tahun Baru Imlek ke-2571, Klenteng Eng An Kiong melakukan ritual membersihkan altar dan patung dewa-dewi untuk menyambut para dewa-dewi yang akan turun ke bumi, Minggu (19/01/2020).

Di Klenteng yang berlokasi di Jl. Martadinata, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur ini ada empat bagian lokasi altar.

Bagian depan ada dua altar, di bagian sisi kanan ada empat altar (Agama Konghucu), bagian sisi kiri ada empat altar (Agama Budha) dan bagian belakang ada tiga altar (Agama Tao).

Hari ini, seminggu jelang perayaan malam Tahun Baru Imlek, sejumlah umat Klenteng membersihkan altar dan patung dewa-dewi. Ritual ini dilakukan setiap tahunnya untuk membesihkan dan mensucikan patung-patung di dalam altar.

Sekitar pukul 07.00 WIB, mereka mulai membersihkan seluruh patung-patung dan altar.  Patung-patung tersebut dikeluarkan satu persatu dari altar kemudian menyiraminya dengan air.

Patung itu dibersihkan dengan menggunakan kuas kecil yang sudah dicelupkan ke dalam wadah air sabun. Dilanjutkan dengan membilas dan menjemurnya sebelum mengembalikannya ke dalam altar. 

Bonsu Anton Triyono mengatakan setelah patung-patung dikembalikan ke tempatnya akan dilakukan sembayang sebelum malam tahun baru nanti. "Untuk menerima dewa-dewi kembali ke bumi untuk membimbing kami,” tuturnya.

Bonsu Anton berharap pafa Imlek tahun ini, bangsa yang sedang menuju zaman 5.0 ini, akan semakin maju disertai dengan kemajuan perekonomiannya.

Ibu Herman, salah satu umat yang ikut membersihkan patung, mengatakan setiap altar dan patung-patung dewa-dewi ini dibersihkan oleh para umatnya sendiri. "Sesuai bagiannya masing-masing, tapi bisa juga membantu yang lainnya,” katanya.

Menurutnya, meski umat di Klenteng Eng An Kiong ini mempunyai ritual dan tradisinya masing-masing, ia berharap untuk Imlek tahun ini umat akan lebih rukun lagi dan bangsa ini lebih banyak perubahan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES