Gaya Hidup

Generasi Milenial di Gresik Diajak Nonton Pertunjukan Wayang Kulit

Minggu, 19 Januari 2020 - 21:06 | 158.78k
Pertunjukan wayang kulit dengan figur tokoh kartun anak-anak (Foto: Istimewa).
Pertunjukan wayang kulit dengan figur tokoh kartun anak-anak (Foto: Istimewa).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sejumlah generasi milenial dan anak-anak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, diajak untuk menonton pertunjukan wayang kulit. Kegiatan itu digelar di Hotel Horison, Gresik Kota Baru (GKB).

Meski wayang kulit sebagai pertunjukan zaman dulu, namun wayang kulit yang dipandu Ki Puguh Prasetyo ini membuat para penonton terbius. Apalagi, Ki Puguh memainkan cerita lakon Pendowo Limo.

Berbeda dengan biasanya yang pertunjukannya semalam suntuk, kali ini pertunjukan wayang dipadatkan menjadi 1,5 jam sebab sasaran penonton adalah anak-anak.

"Bahkan untuk menarik minat mereka, Puguh menyisipkan figur-figur kartun yang populer bagi anak-anak seperti Dora, Doraemon, Spongebob, dan sebagainya," kata Puguh, Minggu (11/1/2020).

Ki Puguh yang juga Ketua Pepadi Gresik itu mengungkapkan, ia ingin generasi milenial saat ini tahu dan mengerti apa itu wayang kulit yang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia.

"Kalau figur kartun fungsinya hanya sebagai variasi saja supaya anak-anak tidak jenuh selama pertunjukan. Anggap saja itu sebagai bintang tamu," imbuhnya.

Dalam pertunjukan itu, Ki Puguh menceritakan tentang kisah Pandawa lima, kisah itu Kebaikan selalu menang dengan kejahatan. Hal itu tercermin dari kemenangan dari seteru abadinya Kurawa yang menjadi simbol kejahatan.

Pertunjukan wayang ini juga didukung oleh sinden Retno Ayu Mayangsari serta penabuh gamelan dari sanggar Traju Wening. Pameran wayang kulit ini menjadi penutup rangkaian acara pameran tunggal lukisan karya Ariel Ramadhan yang berjudul Pinisi And The Other Ships yang digelar sejak 4 Januari lalu.

"Kami berharap generasi milenial khususnya di Gresik bisa menggemari wayang kulit sebagai salah satu warisan luhur nenek moyang," ucap Arik S. Wartono, ketua penyelenggara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES