Indonesia Positif

Plt Walkot Pasuruan Pimpin Upacara Hari Amal Bakti Kemenag

Selasa, 14 Januari 2020 - 07:35 | 50.72k
(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUANWakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, S.T. bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia Ke 74 Tahun 2020, Jum'at (3/1). 

Upacara yang dilaksanakan di lapangan Yon Zipur 10 Pasuruan ini dihadiri oleh Forkopimda Kota Pasuruan, Ketua MUI Kota Pasuruan, Kepala Kementerian Agama Kota Pasuruan beserta Jajarannya, Ketua PCNU Kota Pasuruan, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Pasuruan, Ketua FKUB, Ketua FKDT, Ketua DMI, Kepala Madrasah serta peserta upacara.

Raharto-Teno-Prasetyo-5.jpg

Amanat Menteri Agama Republik Indonesia pada Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Rl Ke-74 Tahun 2020 dibacakan oleh Wakil Wali Kota. Wawali menyampaikan ajakan sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama Tahun 2020 yakni “Umat Rukun, Indonesia Maju”, Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah hendaknya menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air.

"Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat,"  tuturnya.

Dalam peringatan Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama, Wawali secara khusus  mengajak jajaran Kementerian Agama diseluruh Indonesia  untuk memperhatikan beberapa hal yang patut pahami sebagai sejarah dan tupoksi Kementerian Agama.

"Regulasi, tugas dan fungsi Kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara yakni; menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan; tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan," katanya.

Raharto-Teno-Prasetyo-6.jpg

Memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi Pemerintah,   tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap  elemen masyarakat juga menjadi hal penting.

"Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat  kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan," lanjutnya.

"Serta implementasikan visi dan misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja Pusat, Daerah dan perguruan tinggi keagamaan. Selamat Memperingati Hari   Amal Bakti Kementerian Agama, semoga tercipta umat yang rukun dan Indonesia yang maju," pungkas Wawali menutup sambutannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-8 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES