Kesehatan

Insomnia saat Hamil? Atasi dengan 4 Cara Mudah Ini

Minggu, 12 Januari 2020 - 05:25 | 127.30k
ILUSTRASI - Insomnia saat Hamil. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI - Insomnia saat Hamil. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak jarang ibu hamil mengeluhkan sulit tidur di malam hari. Kondisi yang disebut insomnia ini memang rentan dialami ibu hamil. Jika Anda mengalami insomnia di trimester awal, jangan biarkan berlarut-larut karena akan mengganggu kesehatan Anda. Segera atasi insomnia di awal kehamilan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia saat sedang hamil.

1. Membersihkan diri sebelum tidur

Membersihkan diri menjelang tidur akan membuat Anda lebih mudah tertidur. Kondisi ini memberi tanda pada otak untuk segera beristirahat dengan nyaman. Hal tersebut dapat meliputi pijatan serta mandi air hangat sebelum tidur.

2. Teknik relaksasi

Sebuah studi tahun 2015 dalam jurnal Obstetric Medicine menyimpulkan bahwa teknik relaksasi, seperti meditasi, dapat membantu mengatasi insomnia pada awal masa kehamilan. Meski masih dibutuhkan lebih banyak penelitian, Anda bisa merasakan manfaat teknik relaksasi ini sebagai upaya menenangkan diri di malam hari.

Edisi-Senin-13-Januari-2020-hamil.jpg

3. Olahraga

Olahraga dapat membantu Anda mengatasi insomnia. Sebuah studi pada tahun 2016 dalam Pakistan Journal of Medical Sciencesmenunjukkan berolahraga sekitar 30 menit sehari setidaknya 4-6 jam sebelum tidur baik dilakukan.

Pastikan Anda untuk berkonsultasi pada dokter sebelum berolahraga. Beberapa jenis olahraga mungkin tidak disarankan dengan kondisi kehamilan Anda.

4. Terapi

Terapi yang dilakukan berdasarkan aturan medis, dapat membantu seseorang dalam mengelola pikiran dan perasaan yang berdampak pada kemudahan tidur. Terapi CBT untuk insomnia misalnya, dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dengan baik.

Itulah cara mengatasi insomnia saat hamil. Segera atasi gangguan insomnia Anda di awal kehamilan. Jika dibiarkan, insomnia bisa memicu gangguan kesehatan untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES