Peristiwa Daerah

Mahasiswa Punguti Sampah di Lokasi Banjir Gresik

Jumat, 10 Januari 2020 - 21:16 | 35.30k
Mahasiswa saat memungut sampah di lokasi banjir Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Mahasiswa saat memungut sampah di lokasi banjir Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam lintas organisasi melaksanakan aksi memunguti sampah di lokasi banjir Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Banjir Gresik sendiri berlangsung selama sepekan terakhir ini membuat lahan persawahan serta pemukiman warga terendam. Banjir akibat luapam Sungai Kali Lamong itu membuat aktivitas warga lumpuh.

Beberapa organisasi mahasiswa aktif melakukan aksi tersebut diantaranya PMII, HMI dan IMM Gresik. Mereka ingin memberikan edukasi ke masyarakat pentingnya membuang sampah di tempatnya.

Selain itu, aksi ini merupakan langkah dalam memberikan kontribusi positif kepada warga dalam penanganan pasca banjir dengan ikut bersih-bersih lingkungan.

Mahasiswa perwaiklan dari PMII Gresik, Hamdan Arief mengatakan, dalam aksi bersih-besih sampah ini sengaja dilakukan untuk memberikan contoh kepada masyarakat sebagai langkah peduli lingkungan. 

"Karena sampah ini salah satu penghambat air yang meluap sehingga terjadi banjir," ujarnya, Jumat (10/1/2020).

Diungkapkan lebih jauh oleh Hamdan, dirinya bersama mahasiswa lain ingin memberikan contoh kepada masyarakat dengan bentuk kerja bersih-bersih sampah.

"Agar masyarakat rajin membersihkan sampah di sekitar rumahnya dan sampah ini salah satu penyebab banjir," tambahnya.

Sebelumnya, dalam agenda bantuan sosial para mahasiswa bersama TNI-Polri dan komunitas lain melakukan masak bersama untuk korban banjir.

Bakti sosial itu, selain bantuan makanan juga ada pengobatan gratis bagi warga terdampak banjir.

Mahasiswa lain, Faishol Ridho Abdillah menambahkan, dalam kegiatan baksos ini pihaknya bersama organisasi mahasiswa lainnya turut andil sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang menimpa banjir setiap tahunnya. 

"Selain membersihkan sampah pasca banjir di Desa Iker-iker Geger, mahasiswa Gresik juga membagikan makanan kepada korban bajir Gresik yang tidak sempat memasak, serta pengobatan gratis agar tidak mengidap penyakit dari bencana banjir ini,” tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES