Gaya Hidup

Agar Tak Tersengat Listrik saat Banjir, Yuk Lakukan Tips Ini

Sabtu, 04 Januari 2020 - 03:55 | 205.13k
Ilustrasi tangan tersengat aliran listrik. (FOTO: Getty Images/iStockphoto)
Ilustrasi tangan tersengat aliran listrik. (FOTO: Getty Images/iStockphoto)

TIMESINDONESIA, JAKARTABanjir merupakan salah satu bencana alam yang dapat menimbulkan bahaya cukup serius ketika kabel listrik terendam air. Beberapa saat setelah banjir terjadi biasanya pihak perusahaan akan mematikan arus listrik untuk mencegah tersengat listrik.

Akan tetapi, karena banjir datang secara tiba-tiba, Anda perlu membekali diri bagaimana cara mencegah tersengat listrik saat banjir untuk berjaga-jaga. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara yang bisa dilakukan agar tidak tersengat listrik saat banjir.

1. Gunakan sepatu boots

Bila akan melewati genangan banjir, PLN menyarankan agar kita menggunakan sepatu boots yang kedap air. Sepatu ini membuat kita terhindar dari risiko bahaya seperti bakteri, pecahan kaca, paku, hingga tegangan listrik bocor.

2. Mematikan arus listrik

Anda bisa mencegah tersengat listrik saat banjir adalah mematikan arus listrik. Namun, tentu hal ini harus dilakukan oleh profesional mengingat melakukannya sendiri cukup berisiko. Terlebih lagi jika Anda harus mematikan arus listrik di antara genangan air karena berpotensi besar terkena sengatan. 

Oleh karena itu, jika Anda tidak dapat mencapai tempat pemutus arus dengan aman, hubungi petugas penyedia listrik untuk mematikan daya pada meteran rumah. 

Edisi-Minggu-5-Januari-2020-listrik-banjir.jpg

3. Berada jauh dari kabel listrik

Mencegah tersengat listrik saat banjir juga dapat dilakukan dengan menjaga jarak dengan kabel listrik. Banjir akan lebih bahaya ketika terjadi di dekat sumber listrik dengan daya yang cukup besar.

Maka itu, Anda perlu menjaga jarak dari sumber listrik tersebut sekitar tiga meter jika memungkinkan.

4. Gunakan sarung tangan

Jika ingin menyentuh instalasi kelistrikan tetapi instalasi atau tangan kita basah, gunakan sarung tangan yang berbahan karet. Sarung tangan ini mencegah kita jika terkena tegangan listrik.

Selalu berhati-hati saat banjir datang. Lakukan 4 langkah di atas agar Anda tidak tersengat listrik saat banjir datang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES