Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Reformasi Kebijakan Publik: Evaluasi Kebijakan Publik Untuk Terciptanya Reformasi Publik

Sabtu, 14 Desember 2019 - 11:43 | 59.10k
Abdul Malik Kurniawan (Mahasiswa semester tiga prodi Ilmu Adminstrasi Publik, FIA Unisma Malang), Peresensi Buku Reformasi Kebijakan Publik
Abdul Malik Kurniawan (Mahasiswa semester tiga prodi Ilmu Adminstrasi Publik, FIA Unisma Malang), Peresensi Buku Reformasi Kebijakan Publik
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Sejak runtuhnya orde baru pada tahun 1998 yang dipimpin oleh Presiden Soeharto yang pada masanya memiliki kebijakan-kebijakan yang dinilai gagal pada waktu itu sehingga dilengserkannya kedudukannya sebagai pemimpin Negara oleh ribuan pendemo yang turun ke jalan.

Setelah kejadian tersebut terdapat evaluasi mengenai kebijakan publik sebelumnya untuk mereformasi sebuah kebijakan publik yang baru demi terciptanya kebijakan publik yang lebih tertuju, tepat sasaran dan lebih layak untuk diimplementasikan kepada masyarakat.

Implementasi kebijakan bisa digunakan sebagai landasan pemikiran awal untuk menciptakan kebijakan yang lebih berkualitas. Implementasi juga berguna sebagai kontrol atau pengendalian suatu kebijakan agar kebijakan publik tidak menyimpang dan tidak ada penyelewengan terkait tujuan kebijakan publik.

Implementasi kebijakan juga dipengaruhi oleh faktor keadaan lingkungan, hubungan dan koordinasi, sember daya lingkungan, dan karakteristik implementor.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id 

Di dalam pembahasan buku reformasi kebijakan publik ini menjelaskan bahwasannya bagaimana proses reformasi kebijakan secara konseptual dalam kajian-kajian kebijakan publik, reformasi birokraksi dan reformasi kebijakan publik dalam prespektif desentralisasi. Buku ini terfokus dalam pembahasan reformasi kebijakan publik prespektif makro dan mikro.

Terdapat pembahasan dalam buku ini mengenai implementasi-implementasi kebijakan yang dilakukan saat ini yang ada di Negara Indonesia sebagai fokus pembahasan masalah untuk melanjutkan pembuatan kebijakan publik yang lebih tertata dan tertuju.

Hal itu tidak luput dengan melakukan sebuah evaluasi terhadap implementi kebijakan publik yang ada dan munculah sebuah reformulasi kebijakan yang baru. Proses ini akan terus menerus muncul seiring perkembangan dunia pemerintahan.

Akan selalu muncul ide-ide baru untuk menciptakan kebijakan yang baik. Dalam buku ini juga terdapat contoh kasus utama yang menjadi problematika utama disebuah pemerintahan yang mempermudah pembaca untuk memahami buku ini.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca disamping dengan tata bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan isi muatan pembahasan didalam buku ini sangat komplit. Terdapat bahasan-bahasan yang terjadi saat ini di dalam pemerintahan dan serta pemecahan-pemecahan masalah masyarakat melalui kebijakan-kebijakan publik yang sudah di implementasikan serta evaluasi kebijakan tersebut seiring berjalannya kebijakan itu dan mereformulasi kebijakan publik itu sendiri sesuai dengan apa masalah yang ada pada masyarakat ini.

Resensi-Reformasi-Kebijakan-Publik-hayat.jpg

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id 

Semoga penulis bisa menciptakan sebuah karangan-karangan yang bermanfaat lagi dan memberikan motivasi serta pembahasan-pembahasan yang terfokus kepada pemerintahan supaya kepada pembaca yang menggeluti dunia pemerintahan dapat mempelajari dan mengambil hikmah dari apa yang sudah dituangkan atau dimuat dalam karangan buku selanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES