Peristiwa

Menag RI Identifikasi Tiga Jalan Radikalisme Menyusup ke Pendidikan

Sabtu, 14 Desember 2019 - 15:05 | 57.99k
Menteri Agama RI (Menag RI) Jenderal (Purn) Fachrul Razi (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Menteri Agama RI (Menag RI) Jenderal (Purn) Fachrul Razi (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama RI (Menag RI), Fachrul Razi meminta segenap guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan lembaga pendidikan untuk mewaspadai masuknya radikalisme melalui dunia pendidikan.

Hal ini disampaikannya saat membuka Sarasehan Bulan Bakti Pendidikan Agama Islam dan launching Buku Teks PAI Tahun 2019 di Hotel Santika Primiere, Kota Bekasi, Sabtu (14/12/2019). Menurut Menag, setidaknya ada tiga pintu masuk paham radikal melalui dunia pendidikan.

"Pintu pertama masuknya paham radikal itu melalui kurikulum pendidikan dan soal ujian. Baru-baru ini ditemukan soal ujian yang berisi tentang akhlak Rasulullah yang tidak pantas dicontoh. Ini jelas tidak pantas. Dan kami di Kemenag sudah berupaya melakukan seleksi ketat dan hati-hati dalam seleksi ketat," katanya.

Selain itu, Menag meyakini pintu kedua adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Untuk itu, pembina ekstrakurikuler harus melalui rekomendasi guru.

Terakhir, Menag RI, Fachrul Razi menyebut pintu ketiga masuknya radikalisme ke dalam pendidikan adalah melalui peran guru. Untuk itu, ia berpesan pada segenap guru PAI dan pengajar lain untuk senantiasa mengusung pelajaran Islam dengan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES