Gaya Hidup

Najwa Shihab Pamer Gambo Muba Sambil Wisata Sungai Musi

Jumat, 13 Desember 2019 - 18:49 | 122.95k
Najwa Shihab Duta Baca Indonesia saat wisata Sungai Musi (Foto: Istimewa)
Najwa Shihab Duta Baca Indonesia saat wisata Sungai Musi (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SEKAYUGambo, kain jumputan asal Musi Banyuasin kian memikat. Tak terkecuali bagi Najwa Shihab presenter ternama Tanah Air.

Usai berkunjung ke Bumi Serasan Sekate, Kamis (12/12/2019), pembawa talkshow ngetop Najwa Shihab melanjutkan aktifitasnya ke beberapa daerah di Sumsel untuk mengampanyekan budaya membaca.

Duta Baca Indonesia ini mendapatkan oleh-oleh dari sahabat lamanya sesama mantan presenter di salah satu TV Swasta yakni Thia Yufada Dodi Reza. Dalam momen tersebut Thia Yufada memberikan Najwa selendang jumputan Gambo Muba.

Najwa-Shihab-2.jpg

Pemberian sahabatnya tersebut langsung viral di Media Sosial.

Pantauan di akun instagram milik Najwa Shihab, tampak Najwa yang saat ini masih di Sumsel tampak mengenakan Gambo Muba dan mengabadikan momen-momen di tempat seperti Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera.

"Ini produk lokal namun kualitas internasional. Saya kagum sama Gambo Muba ini," ujar Putri KH Qurais Shihab ini.

Menurut Eks Presenter Metro TV ini, Gambo merupakan produk khas kearifan lokal yang dapat mengangkat derajat serta kesejahteraan petani gambir.

"Saya yakin kalau sudah di tangan sahabat saya, Thia Yufada, Insya Allah deh Gambo Muba pasti eksis dan jadi tren fashion," katanya.

Sementara itu, Thia Yufada menyebut Gambo Muba sebagai eco fashion yang mampu mengangkat ekonomi petani getah gambir lantaran memberikan nilai tambah bagi limbah getah gambir.

"Yang juga sangat penting, mampu meningkatkan penghasilan rumah tangga karena dikerjakan oleh tangan-tangan terampil kaum perempuan penjumput di desa," kata eks presenter ini,, Jumat (13/12/2019).

Gambo Muba adalah tekstil khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma.

Dijelaskan Thia, sebagai produk eco fashion, Gambo Muba yang dihadiahkan ke Najwa Shihab memakai 100 persen pewarna anti kimia. "Kami mencoba merespon isu internasional bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia dunia berasal dari limbah tekstil," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Palembang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES