Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Strategi Reformasi Kebijakan Untuk Kesejahteraan Rakyat

Jumat, 13 Desember 2019 - 21:34 | 33.34k
Strategi Reformasi Kebijakan Untuk Kesejahteraan Rakyat
Syerly Zhamhariro Vikarianda (Mahasiswa Unisma), Peresensi Buku Reformasi Kebijakan Publik
FOKUS

Universitas Islam Malang

Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, MALANG – Reformasi adalah gerakan perubahan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dalam suatu negara sebagai koreksi terhadap kekuasaan yang sedang berjalan dalam pertimbangan prespektif moral, politik, ekonomi dan doktrinal. Dalam melakukan sebuah reformasi perlu adanya rumusan reformasi yang mendasar yang bertujuan sebagai perubahan yang lebih baik lagi.

Dalam perubahan reformasi membutuhkan waktu yang cukup lama dalam sistem dinamisasinya. Artinya gerakan reformasi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena terkait dengan merubah tatanan suatu kekuasaan dari pemerintah dan akan berjalan terus-menerus dalam mengubah sistem sebelumnya untuk menjadi lebih baik lagi.

Untuk melakukan suatu perubahan dalam suatu negara perlu adanya gerakan reformasi kebijakan publik dimana suatu kebijakan publik yang dianggap buruk oleh suatu rakyatnya perlu adanya reformasi yang bertujuan untuk menjadikan perubahan mendasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar menjadi tatanan yang lebih baik lagi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Reformasi kebijakan publik perlu dilakukan karena rakyat merasa pemerintah salah mengambil sebuah kebijakan yang itu dapat berimbas langsung kepada rakyatnya. Pemerintah hanya mementingkan kepentingan yang berkaitan dengan kebutuhan dan kepentingan antar golongan. Hal itu yang membuat rakyat merasa adanya ketidak seimbangan antara pemerintah dan keadaan rakyat pada suatu negara.

Maka dari itu perlu adanya reformasi kebijakan publik yang bertujuan untuk pembenahan suatu sistem kekuasaan yang salah agar menjadi lebih baik lagi dan sesuai dengan cita-cita bersama. Faktanya upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam melakukan reformasi kebijakan publik hingga saat ini masih belum memberikan hasil yang maksimal, sehingga para rakyat yang seharusnya sejahtera tetapi malah sebaliknya. Suatu negara dinyatakan sejahtera apabila rakyat dalam negara tersebut sejahtera juga.

Banyak kasus di negara kita yang dapat dijadikan contoh dan perlu adanya sebuah gerakan reformasi kebijakan publik untuk merubah sistem yang ada di dalamnya. Misalnya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Tujuan utama dalam pemerintahan desa adalah untuk memberikan pelayanan sosial terhadap masyarakatnya agar terciptanya masyarakat yang tentram, sejahtera dan keadilan. Dalam pelayanan publik yang baik pemerintah desa dituntut agar dapat memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakatnya hal tersebut merupakan hasil kinerja yang dilakukan pemerintah desa agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kepuasan masyarakat.

Tingkat keberhasilan suatu pelayanan publik terletak pada penialaian dari masyarakat. Karena masyarakat berperan sebagai aktor utama dalam penilaian suatu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. Jika masyarakat tidak puas terhadap pelayanan publik tersebut, maka akan memberikan citra buruk juga terhadap pelayanan publik. Penilaian tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perubahan sistem pelayanan yang lebih baik lagi.

Tetapi pada kenyataannya pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintahan desa kepada masyarakat desa belum mencapai tujuannya. Hal itu dapat dibuktikan dengan pemerintahan desa belum bisa memberikan pelayanan yang efektif dan efisien terhadap masyarakatnya.

Kualitas pelayanan publik menjadi salah satu indikator penting dalam penilaian kinerja terhadap pemerintahan di Indonesia. Salah satu kasus yang terjadi dalam pemberian pelayanan publik kepada masyarakat ialah adanya diskriminasi. Kasus tersebut muncul karena suatu kebijakan publik yang belum berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Dengan adanya permasalahan kecil seperti itu perlu dicarikan solusi agar dalam pelaksanaan suatu kebijakan publik harus adil dan sesuai dengan visi dan misi dari pemerintahan yang ada di Indonesia.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Permasalahan di atas perlu dilakukan reformasi kebijakan publik agar kebijakan yang dilakukan pada contoh kecil yakni pemerintahan desa dapat berjalan lebih efektif dan efisien untuk menghasilkan sebuah pelayanan publik yang lebih optimal serta menjadikan sebuah negara agar lebih baik lagi dan sesuai dengan cita-cita bersama.

Kebijakan publik harus dilaksanakan sesuai dengan implementasi kebijakan agar tercipta dampak positif dan mencapai tujuan suatu instansi pemerintahan. Implementasi kebijakan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan pada keputusan sebelumnya.

Keberhasilan suatu implementasi kebijakan dapat dilihat dari adanya perubahan dalam suatu organisasi. Penerapan pelayanan publik harus diberikan sebaik-baiknya kepada masyarakat melalui upaya pemberian pelayanan yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang pelayanan.

Kebijakan yang terkait dengan pelayanan publik pelaksanaannya tidak semudah seperti yang dibicarakan, karena terdapat tahapan yang harus dilakukan oleh aperatur pemerintahan sebagai pendukung  keberhasilan suatu kebijakan pelayanan publik.

Kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan publik merupakan penilaian tersendiri terhadap suatu pelayanan publik. Pelayanan publik yang berkualitas tidak terlepas dari aperatur pemerintah yang menjalankan pelayanan publik tersebut. Kualitas pelayanan publik  yang diberikan oleh aperatur pemerintah merupakan cerminan penilaian kinerja yang dilaksanakan apakah sesuai dengan visi misi dari pemerintahan itu sendiri atau malah sebaliknya.

Maka dari itu penulis buku Reformasi Kebijakan Publik Prespektif Makro dan Mikro yakni Hayat, dkk. Menuangkan segala ide serta gagasan dalam buku ini yang dapat dipelajari untuk menambah wawasan ilmu mengenai Reformasi Kebijakan Publik dan disertai dengan contoh kasus yang terjadi di dalam negara kita.

Buku ini direkomendasikan dan dapat digunakan sebagai bahan ajar serta sebagai pedoman mereformasi suatu kebijakan publik yang tidak sesuai dengan visi misi dari pemerintahan di negara Indonesia. Tidak hanya membahas tentang pengertian dan disertai dengan analisis dari penulis buku ini juga dilengkapi dengan contoh kasus yang sedang dibicarakan pada negara ini untuk lebih memahamkan para pembaca buku ini.

Resensi-Reformasi-Kebijakan-Publik-hayat.jpg

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id



Publisher : Sholihin Nur
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Pilbup Gresik 2020, Qosim Usung Ayem Tentrem, Yani Gelorakan Perubahan
    Pilbup Gresik 2020, Qosim Usung Ayem Tentrem, Yani Gelorakan Perubahan
    12/08/2020 - 09:22
  • Dandim 1601 Sumba Timur: Jadikan Media Sebagai Mitra dan Sahabat
    Dandim 1601 Sumba Timur: Jadikan Media Sebagai Mitra dan Sahabat
    12/08/2020 - 09:17
  • Saeful Muzad, Mantan Ketua DPRD Banjarnegara yang Tinggalkan Politik untuk Jadi Peternak
    Saeful Muzad, Mantan Ketua DPRD Banjarnegara yang Tinggalkan Politik untuk Jadi Peternak
    12/08/2020 - 09:14
  • PT Indonesia Digital Identity Luncurkan Produk Tanda Tangan Elektronik 
    PT Indonesia Digital Identity Luncurkan Produk Tanda Tangan Elektronik 
    12/08/2020 - 09:11
  • The Danger of Lowering Your Mask While Drinking or Eating
    The Danger of Lowering Your Mask While Drinking or Eating
    12/08/2020 - 09:04
  • Danrem 152 Target  Pembangunan Kodim Morotai Selesai Tahun 2021
    Danrem 152 Target Pembangunan Kodim Morotai Selesai Tahun 2021
    12/08/2020 - 08:56
  • 51 Perusahaan di DKI Jakarta Ditutup karena Pandemi Covid-19 
    51 Perusahaan di DKI Jakarta Ditutup karena Pandemi Covid-19 
    12/08/2020 - 08:50
  • Produksi Singkong Banjarnegara Terus Merosot Ancam Kelangsungan Pabrik Tapioka
    Produksi Singkong Banjarnegara Terus Merosot Ancam Kelangsungan Pabrik Tapioka
    12/08/2020 - 08:41
  • Mendagri RI Tito Karnavian Putuskan Pilkades Ditunda
    Mendagri RI Tito Karnavian Putuskan Pilkades Ditunda
    12/08/2020 - 08:30
  • Dinkes DKI Jakarta Sampaikan Penambahan Kasus Covid-19 di Ibu Kota 
    Dinkes DKI Jakarta Sampaikan Penambahan Kasus Covid-19 di Ibu Kota 
    12/08/2020 - 08:24

TIMES TV

Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC

Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC

11/08/2020 - 12:48

Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang

Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang
[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo

[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo
Pro Kontra Masuk Sekolah Saat Pandemi

Pro Kontra Masuk Sekolah Saat Pandemi
Bedah Buku: Bincang-bincang Perempuan

Bedah Buku: Bincang-bincang Perempuan

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Vaksin Itu Ada dalam Diri Kita
    Vaksin Itu Ada dalam Diri Kita
    12/08/2020 - 07:46
  • Emoticon Chatting, Penting dalam Pembelajaran Daring 
    Emoticon Chatting, Penting dalam Pembelajaran Daring 
    11/08/2020 - 23:02
  • Merdeka Belajar di Era Pandemi Covid-19
    Merdeka Belajar di Era Pandemi Covid-19
    11/08/2020 - 22:14
  • New Normal dan Pergeseran Nilai di Tengah Pandemi
    New Normal dan Pergeseran Nilai di Tengah Pandemi
    11/08/2020 - 21:06
  • Mengulas Makna Upaya Hukum Peninjauan Kembali
    Mengulas Makna Upaya Hukum Peninjauan Kembali
    11/08/2020 - 16:54
  • Membumikan Filantropi Kebangsaan di Tengah Himpitan Covid-19
    Membumikan Filantropi Kebangsaan di Tengah Himpitan Covid-19
    11/08/2020 - 15:45
  • Sinergi Antara Guru dan Orang Tua, Bagaimana Caranya?
    Sinergi Antara Guru dan Orang Tua, Bagaimana Caranya?
    11/08/2020 - 14:28
  • Dilema Pembelajaran di Era Pandemi
    Dilema Pembelajaran di Era Pandemi
    11/08/2020 - 13:59
  • Harga Emas Anjlok, IHSG Ikut Terseret ke Zona Merah
    Harga Emas Anjlok, IHSG Ikut Terseret ke Zona Merah
    12/08/2020 - 09:45
  • Lesti Kejora Tegaskan Hubungannya dengan Rizky Billar
    Lesti Kejora Tegaskan Hubungannya dengan Rizky Billar
    12/08/2020 - 09:45
  • Terpopuler: Kakek-Kakek Berperut Six Pack , Cara Jaga Kesehatan Seksual
    Terpopuler: Kakek-Kakek Berperut Six Pack , Cara Jaga Kesehatan Seksual
    12/08/2020 - 09:38
  • Cara Membuat Cloud Bread: Roti Viral di TikTok
    Cara Membuat Cloud Bread: Roti Viral di TikTok
    12/08/2020 - 09:38
  • Tebak Lagu, Gempi Bikin Gisella Anastasia dan Felicya Angelista Syok
    Tebak Lagu, Gempi Bikin Gisella Anastasia dan Felicya Angelista Syok
    12/08/2020 - 09:34
  • Kamala Harris Resmi Dampingi Joe Biden Lawan Trump di Pilpres AS 2020
    Kamala Harris Resmi Dampingi Joe Biden Lawan Trump di Pilpres AS 2020
    12/08/2020 - 04:14
  • Vladimir Putin Ungkap Reaksi Putrinya Setelah Disuntik Vaksin Corona
    Vladimir Putin Ungkap Reaksi Putrinya Setelah Disuntik Vaksin Corona
    12/08/2020 - 02:04
  • Pemotongan Sapi Qurban di Aceh Dicap Tak Manusiawi, Disorot Australia
    Pemotongan Sapi Qurban di Aceh Dicap Tak Manusiawi, Disorot Australia
    12/08/2020 - 06:45
  • Klub Ini Ditinggal Penggemar Gara-gara Pasang Gambar Masjid di Jersey
    Klub Ini Ditinggal Penggemar Gara-gara Pasang Gambar Masjid di Jersey
    12/08/2020 - 00:12
  • Sepak Terjang Jenderal Terganas Amerika Lawan Panglima Pahlawan China
    Sepak Terjang Jenderal Terganas Amerika Lawan Panglima Pahlawan China
    12/08/2020 - 05:52