Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Strategi Reformasi Kebijakan Untuk Kesejahteraan Rakyat

Jumat, 13 Desember 2019 - 21:34 | 15.88k
Strategi Reformasi Kebijakan Untuk Kesejahteraan Rakyat
Syerly Zhamhariro Vikarianda (Mahasiswa Unisma), Peresensi Buku Reformasi Kebijakan Publik
FOKUS

Universitas Islam Malang

Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, MALANG – Reformasi adalah gerakan perubahan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dalam suatu negara sebagai koreksi terhadap kekuasaan yang sedang berjalan dalam pertimbangan prespektif moral, politik, ekonomi dan doktrinal. Dalam melakukan sebuah reformasi perlu adanya rumusan reformasi yang mendasar yang bertujuan sebagai perubahan yang lebih baik lagi.

Dalam perubahan reformasi membutuhkan waktu yang cukup lama dalam sistem dinamisasinya. Artinya gerakan reformasi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena terkait dengan merubah tatanan suatu kekuasaan dari pemerintah dan akan berjalan terus-menerus dalam mengubah sistem sebelumnya untuk menjadi lebih baik lagi.

Untuk melakukan suatu perubahan dalam suatu negara perlu adanya gerakan reformasi kebijakan publik dimana suatu kebijakan publik yang dianggap buruk oleh suatu rakyatnya perlu adanya reformasi yang bertujuan untuk menjadikan perubahan mendasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar menjadi tatanan yang lebih baik lagi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Reformasi kebijakan publik perlu dilakukan karena rakyat merasa pemerintah salah mengambil sebuah kebijakan yang itu dapat berimbas langsung kepada rakyatnya. Pemerintah hanya mementingkan kepentingan yang berkaitan dengan kebutuhan dan kepentingan antar golongan. Hal itu yang membuat rakyat merasa adanya ketidak seimbangan antara pemerintah dan keadaan rakyat pada suatu negara.

Maka dari itu perlu adanya reformasi kebijakan publik yang bertujuan untuk pembenahan suatu sistem kekuasaan yang salah agar menjadi lebih baik lagi dan sesuai dengan cita-cita bersama. Faktanya upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam melakukan reformasi kebijakan publik hingga saat ini masih belum memberikan hasil yang maksimal, sehingga para rakyat yang seharusnya sejahtera tetapi malah sebaliknya. Suatu negara dinyatakan sejahtera apabila rakyat dalam negara tersebut sejahtera juga.

Banyak kasus di negara kita yang dapat dijadikan contoh dan perlu adanya sebuah gerakan reformasi kebijakan publik untuk merubah sistem yang ada di dalamnya. Misalnya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Tujuan utama dalam pemerintahan desa adalah untuk memberikan pelayanan sosial terhadap masyarakatnya agar terciptanya masyarakat yang tentram, sejahtera dan keadilan. Dalam pelayanan publik yang baik pemerintah desa dituntut agar dapat memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakatnya hal tersebut merupakan hasil kinerja yang dilakukan pemerintah desa agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kepuasan masyarakat.

Tingkat keberhasilan suatu pelayanan publik terletak pada penialaian dari masyarakat. Karena masyarakat berperan sebagai aktor utama dalam penilaian suatu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. Jika masyarakat tidak puas terhadap pelayanan publik tersebut, maka akan memberikan citra buruk juga terhadap pelayanan publik. Penilaian tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perubahan sistem pelayanan yang lebih baik lagi.

Tetapi pada kenyataannya pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintahan desa kepada masyarakat desa belum mencapai tujuannya. Hal itu dapat dibuktikan dengan pemerintahan desa belum bisa memberikan pelayanan yang efektif dan efisien terhadap masyarakatnya.

Kualitas pelayanan publik menjadi salah satu indikator penting dalam penilaian kinerja terhadap pemerintahan di Indonesia. Salah satu kasus yang terjadi dalam pemberian pelayanan publik kepada masyarakat ialah adanya diskriminasi. Kasus tersebut muncul karena suatu kebijakan publik yang belum berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Dengan adanya permasalahan kecil seperti itu perlu dicarikan solusi agar dalam pelaksanaan suatu kebijakan publik harus adil dan sesuai dengan visi dan misi dari pemerintahan yang ada di Indonesia.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Permasalahan di atas perlu dilakukan reformasi kebijakan publik agar kebijakan yang dilakukan pada contoh kecil yakni pemerintahan desa dapat berjalan lebih efektif dan efisien untuk menghasilkan sebuah pelayanan publik yang lebih optimal serta menjadikan sebuah negara agar lebih baik lagi dan sesuai dengan cita-cita bersama.

Kebijakan publik harus dilaksanakan sesuai dengan implementasi kebijakan agar tercipta dampak positif dan mencapai tujuan suatu instansi pemerintahan. Implementasi kebijakan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan pada keputusan sebelumnya.

Keberhasilan suatu implementasi kebijakan dapat dilihat dari adanya perubahan dalam suatu organisasi. Penerapan pelayanan publik harus diberikan sebaik-baiknya kepada masyarakat melalui upaya pemberian pelayanan yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang pelayanan.

Kebijakan yang terkait dengan pelayanan publik pelaksanaannya tidak semudah seperti yang dibicarakan, karena terdapat tahapan yang harus dilakukan oleh aperatur pemerintahan sebagai pendukung  keberhasilan suatu kebijakan pelayanan publik.

Kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan publik merupakan penilaian tersendiri terhadap suatu pelayanan publik. Pelayanan publik yang berkualitas tidak terlepas dari aperatur pemerintah yang menjalankan pelayanan publik tersebut. Kualitas pelayanan publik  yang diberikan oleh aperatur pemerintah merupakan cerminan penilaian kinerja yang dilaksanakan apakah sesuai dengan visi misi dari pemerintahan itu sendiri atau malah sebaliknya.

Maka dari itu penulis buku Reformasi Kebijakan Publik Prespektif Makro dan Mikro yakni Hayat, dkk. Menuangkan segala ide serta gagasan dalam buku ini yang dapat dipelajari untuk menambah wawasan ilmu mengenai Reformasi Kebijakan Publik dan disertai dengan contoh kasus yang terjadi di dalam negara kita.

Buku ini direkomendasikan dan dapat digunakan sebagai bahan ajar serta sebagai pedoman mereformasi suatu kebijakan publik yang tidak sesuai dengan visi misi dari pemerintahan di negara Indonesia. Tidak hanya membahas tentang pengertian dan disertai dengan analisis dari penulis buku ini juga dilengkapi dengan contoh kasus yang sedang dibicarakan pada negara ini untuk lebih memahamkan para pembaca buku ini.

Resensi-Reformasi-Kebijakan-Publik-hayat.jpg

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id


Unisma Resensi Buku
Publisher : Sholihin Nur
Reaksi Anda
KOMENTAR

EKORAN

Follow TIMES Indonesia di Google News

TIMES TV

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Pantau Banjir dari Udara

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Pantau Banjir dari Udara

06/01/2020 - 10:22

Ini Video 3D Tiga Pemenang Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara

Ini Video 3D Tiga Pemenang Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara
Wisata Dyno Park 3

Wisata Dyno Park 3
Milenial Glow Garden, Newest Wonder at Jatim Park 2 Malang

Milenial Glow Garden, Newest Wonder at Jatim Park 2 Malang
Wisata Teknologi Tinggi Funtech

Wisata Teknologi Tinggi Funtech

iGuides

  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20
  • Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    23/05/2019 - 15:05

KOPI TIMES

  • Kejujuran Peserta Didik: Indikator Utama Kesuksesan Dalam Pendidikan
    Kejujuran Peserta Didik: Indikator Utama Kesuksesan Dalam Pendidikan
    21/01/2020 - 10:15
  • Sapaan 'Guys' dan 'Gayus' Generasi Y dan Z
    Sapaan 'Guys' dan 'Gayus' Generasi Y dan Z
    21/01/2020 - 08:55
  • Kalkulasi Politik Pilkada Tuban 2020, Afirmasi Antar-Poros Ciutkan Nyali Bacalon
    Kalkulasi Politik Pilkada Tuban 2020, Afirmasi Antar-Poros Ciutkan Nyali Bacalon
    20/01/2020 - 23:43
  • Melawan Maksiat Hoaks di Pilkada 2020
    Melawan Maksiat Hoaks di Pilkada 2020
    20/01/2020 - 19:09
  • 50 Tahun Refly Harun: Refly Harun dan Generasi Konstitusi Baru
    50 Tahun Refly Harun: Refly Harun dan Generasi Konstitusi Baru
    20/01/2020 - 16:13
  • Ada Askab, Ada Papdesi, Ada Apa Banyuwangi Sebenarnya?
    Ada Askab, Ada Papdesi, Ada Apa Banyuwangi Sebenarnya?
    20/01/2020 - 08:41
  • Apakah Revisi RUU Pemasyarakatan Mempermudah Para Koruptor untuk Mendapatkan Hak Bersyarat?
    Apakah Revisi RUU Pemasyarakatan Mempermudah Para Koruptor untuk Mendapatkan Hak Bersyarat?
    19/01/2020 - 20:19
  • TGB di Kancah Nasional: Meredupkah?
    TGB di Kancah Nasional: Meredupkah?
    19/01/2020 - 16:57
  • Frank Lampard Frustasi Tak Bisa Kalahkan 10 Pemain Arsenal
    Frank Lampard Frustasi Tak Bisa Kalahkan 10 Pemain Arsenal
    22/01/2020 - 09:26
  • Terpopuler: Ustaz Tertipu Nikahi Lelaki, Penis Dikunci Pakai Mur
    Terpopuler: Ustaz Tertipu Nikahi Lelaki, Penis Dikunci Pakai Mur
    22/01/2020 - 09:24
  • Usai Tersandung Kasus, Garuda Indonesia Bakal Umumkan Bos Barunya Hari Ini
    Usai Tersandung Kasus, Garuda Indonesia Bakal Umumkan Bos Barunya Hari Ini
    22/01/2020 - 09:23
  • APILL Dekat Mirota Kampus Patah, Malah Banjir Komentar Kocak Warganet
    APILL Dekat Mirota Kampus Patah, Malah Banjir Komentar Kocak Warganet
    22/01/2020 - 09:20
  • Gaun Melorot saat Beraksi di Karpet Merah, Payudara Artis Spanyol Terekspos
    Gaun Melorot saat Beraksi di Karpet Merah, Payudara Artis Spanyol Terekspos
    22/01/2020 - 09:18
  • Suami Syok, Dua Minggu Menikah Baru Tahu Istrinya Adalah Pria
    Suami Syok, Dua Minggu Menikah Baru Tahu Istrinya Adalah Pria
    22/01/2020 - 05:53
  • Lee Yong Dae Ingin Tinggal di Indonesia: Ceweknya Cantik Semua
    Lee Yong Dae Ingin Tinggal di Indonesia: Ceweknya Cantik Semua
    22/01/2020 - 05:00
  • Pengguna Android Disarankan Hapus 17 Aplikasi Ini
    Pengguna Android Disarankan Hapus 17 Aplikasi Ini
    22/01/2020 - 01:06
  • Ya Ampun, Calon 'Bidadari Baru' One Pride ini Bikin Ngilu
    Ya Ampun, Calon 'Bidadari Baru' One Pride ini Bikin Ngilu
    22/01/2020 - 07:00
  • Warga Tanjung Priok Turun ke Jalan, Tuntut Menteri Yasonna Minta Maaf
    Warga Tanjung Priok Turun ke Jalan, Tuntut Menteri Yasonna Minta Maaf
    22/01/2020 - 07:00