Indonesia Positif

Inovasi S-Dering ITNY Juara 1 pada International Academic Competitions and Exhibitions

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:57 | 61.24k
Tim S-Dering yaitu Dedy Arya (ketua), Yusuf Ari Bahtiar dan Muhammad Taufik (anggota). (FOTO: ITNY/TIMES Indonesia)
Tim S-Dering yaitu Dedy Arya (ketua), Yusuf Ari Bahtiar dan Muhammad Taufik (anggota). (FOTO: ITNY/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Inovasi Smart Detector Litering (S-Dering) karya Tim Mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Yogyakarta (ITNY) mengukir prestasi. Yakni, dengan meraih gelar juara tingkat nasional. Prestasi ini dicapai dalam kompetisi International Academic Competitions and Exhibitions kategori Instrumentation and Control system yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah IV di Universitas Widyatama Bandung pada 10-12 Desember 2019.

Dalam kompetisi ini, ITNY mengirimkan dua wakilnya, yakni tim S-Dering dan tim inovasi Semar-V dengan karya inovasinya detektor pelanggar marka jalan. Tim S-Dering diketuai oleh Dedy Arya. Kemudian, anggotanya yiatu Yusuf Ari Bahtiar dan Muhammad Taufik.

Tim-S-Dering-2.jpg

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 17 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini, Tim S-Dering ITNY berhasil mengungguli tim tuan rumah dari Universitas Widyatama dan tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menjuarai kompetisi pada kategori Instrumentation and Control System.

Dosen Pendamping tim S-Dering, Trie Handayani, S.T., M.Kom mengatakan, inovasi mahasiswa ITNY ini memiliki keunggulan berupa kemampuannya untuk mendeteksi orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Inovasi ini dapat digunakan untuk mendeteksi sampah organik dan sampah non-organik,” terang Trie.

Tim inovator S-Dering ini merupakan hasil pembinaan karya inovatif mahasiswa melalui PKM Center ITNY. Dijelaskan oleh Wakil Rektor III ITNY, Dr. Hill Gendoet Hartono, S.T., M.T.,  bahwa S-Dering ini sebelumnya  lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pendanaan Ristekdikti Tahun 2019, serta finalis PIMNAS non PKM di Bali tahun 2019.

S-Dering-2.jpg

PKM Center ITNY ini merupakan salah satu bentuk komitmen ITNY untuk memajukan riset, khususnya di bidang energi terbarukan. Berbagai prestasi juga telah ditorehkan sebagai hasil pembinaan yang dilakukan oleh PKM Center ITNY.

“Prestasi ini menunjukkan bahwa ITNY merupakan perguruan tinggi yang unggul dan kami sangat memberikan support bagi mahasiswa untuk terus berkreasi dan berinovasi,” kata Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, M.T seraya memberikan ucapan selamat kepada tim Inovasi S-Dering ITNY yang meraih juara 1 pada International Academic Competitions and Exhibitions di Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES