Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Penguatan Pancasila Dalam Birokrasi Kampus

Jumat, 13 Desember 2019 - 15:23 | 115.28k
Bintang Fatahillah Hapray, Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma)
Bintang Fatahillah Hapray, Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGBIROKRASI adalah suatu sistem organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida dimana lebih banyak orang yang berada di bawah daripada di atas yang biasanya banyak ditemui dalam instansi militer atau sipil.

Berbicara tentang birokrasi maka tidak akan lepas dari yang namanya politik, sebab dalam ilmu administrasi publik ada konsep Dikotomi antara Politik dengan Administrasi Negara yang dikemukakan oleh Woodrow Wilson dimana administrasi publik dan politik  adalah sisi yang berbeda, dimana menurut Woodrow politik menyangkut masalah membuat kebijakan publik sedangkan administrasi berkaitan dengan implementasi kebijakan publik.

Namun dalam kenyataannya administrasi dan politik sulit untuk dibedakan oleh sebab itu banyak yang mengatakan politik dan administrasi publik adalah hal yang sama akan tetapi kenyataan berkata lain politik dan administrasi publik memang dua hal yang berbeda dimana keduanya dapat menghambat satu sama lain.

Jika melihat kondisi saat ini yang sangat pelik kombinasi antara politik dan birokrasi yang tepat maka dapat menghasilkan good governance.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Birokrasi tidak hanya ditemukan dalam instansi militer atau sipil, akan tetapi dalam kampus pun terdapat yang namanya birokrasi yang sering kita sebut dengan birokrasi kampus dimana dalam birokrasi kampus ini semua unsur yang ada didalam kampus pasti terlibat mulai dari mahasiswa, dosen, dekanat, hingga sampai pada rektor.

Dalam prakteknya birokrasi kampus dapat terjalin dengan baik apabila semua unur tersebut dapat melebur menjadi satu untuk menegakkan birokrasi yang bersih, efisien, dan baik tentunya, untuk mewujudkan birokrasi yang baik maka diperlukan dasar-dasar yang kuat dan baik dimana dasar itu semua adalah Pancasila, dimana jika semua unsur tersebut memahami dan mengamalkan Pancasila maka kehidupan kamus dan birokrasinya akan berjalan dengan teratur dan efisien.

Peran Pancasila sangat diperlukan sebab dalam prakteknya masih banyak hal-hal dalam birokrasi kampus yang tidak sehat seperti contoh adanya korupsi dalam kampus, pembuatan proposal yang tidak masuk akal, dan lain-lain. Disinilah diperlukan adanya penguatan Pancasila dalam berbagai unsur seperti pelatihan kepemimpinan untuk seluruh mahasiswa, dosen, dekanat, hingga rektor sehingga dengan adanya pelatihan maka akan merasakan langsung bagaimana unsur Pancasila akan merasuk dalam diri melalui pelaihan kepemimpinan tersebut.

Penguatan tidak cukup hanya dilakukan dengan melakukan latihan kepemimpinan namun dapat juga dilakukan dengan melakukan kajian-kajian mendalam tentang Pancasila itu sendiri yang dikitkan dengan isu-isu terkini sehingga kita dapat menyerap dan mengambil pembelajaran mengenai hal yang dibahas dalam kajin-kajian tersebut.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hingga pada akhirnya birokrasi kampus dapat terjalin dengan baik dalam prakteknya baik dari unsur pimpinan kampus maupun organisasi-organisasi mahasiswa sehingga tidak akan mecederai nilai-nilai Pancasila sebab Pancasila adalah dasar dari kehidupan negara dan organisasi-organisasi yang harus dipegang teguh oleh setiap pemimpinan, staf, maupun unsur-unsur yang ada dalam organisasi kampus.

*) Penulis: Bintang Fatahillah Hapray, Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma)

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES