Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Revolusi Industri 4.0 di Era Milenial

Rabu, 11 Desember 2019 - 13:27 | 91.63k
Rizka Risdiyanti, Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma)
Rizka Risdiyanti, Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Industri 4.0 adalah tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistemcyber-physical, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif. Tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas manusia dalam beberapa dekade terakhir telah terbantu oleh kehadiran revolusi, baik dari segi kualitas maupun efisiensi waktu. Maka sudah sepatutnya untuk mengetahui transformasi di depan mata saat ini, yaitu industri 4.0.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Di Indonesia, industri 4.0 sering disebut juga sebagai Making Indonesia 4.0. Istilah ini sebenarnya mengandung makna positif dan dapat memicu perkembangan Indonesia serta merevitalisasi industri nasional secara keseluruhan, baik dari keseluruhan pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat. Selain Thailand dan Vietnam, Indonesia juga memiliki optimisme yang signifikan terhadap prospek industri 4.0, terutama di sektor ekonomi berbasis manufaktur. Faktanya, ketimpangan infrastruktur tidak hanya dialami negara-negara kepulauan, bahkan negara seperti Jerman merasa kesulitan menyediakan infrastruktur digital secara merata ke semua bagian negaranya.

Betul bahwa ada banyak hal yang mampu dieksplorasi Indonesia dalam menghadapi industri 4.0 untuk pembangunan nasional yang lebih baik. Misalnya, memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui teknologi dengan fasilitas platform e-commerce, kemudian memajukan jaringan internet berkecepatan tinggi, pusat data cloud, manajemen keamanan dan infrastruktur broadband untuk mendukung pengembangan infrastruktur digital nasional. Namun selain itu, satu pilar penting dari perjalanan Indonesia menuju industri 4.0 lainnya adalah keamanan internal control system (ICS).

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Ada juga tantangan di generasi milenial di era revolusi industri 4.0 ini untuk menjadi kompetitif, kreatif dan kritis dalam melaksanakan revolusi industri 4.0. Di era Revolusi Industri 4.0 ini juga akan terus menghadirkan banyak perubahan yang tidak bisa dibendung. Karena, ada urgensi jika negara perlu berupaya maksimal dan lebih gencar memberi pemahaman kepada semua elemen masyarakat tentang pentingnya Revolusi Industri 4.0 dengan segala konsekuensi logisnya.

Maka negara pun harus mengabil inisiatif untuk mendorong semua elemen masyarakat lebih peduli dengan era Revolusi Industri 4.0 dengan memberi pemahaman kepada masyarakat untuk lebih mendalam lagi terhadap Revolusi Industri dan bersiap mengahdapi sekaligus merespon perubahan-perubahan yang dimaksdud itu.

Revolusi Industri 4.0 ini akan menjadi ruang dan area bermain utama bagi para generasi melenial dalam upaya pembangunan bangsa di masa mendatang demi meraih visi Indonesia Emas pada tahun 2045. Dan pada era sekarang ini jumlah pengguna internet di Indonesia yang telah melampaui 140 juta penduduk merupakan peluang tumbuhnya dasar startup di Indonesia.

Kita sebagai warga Indonesia sangat penting mengetahui perubahan ini karena sebagai salah satu SDM Indonesia, generasi milenial pun tidak luput dari perubahan yang dibawa Revolusi Industri 4.0. Dan generasi yang lahir pada medio 1980-1999 ini harus bersiap dengan kondisi tersebut karena masa depan industri dan manufaktur Indonesia berada di tangan mereka.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Harapannya kita sebagai masyarakat Indonesia tingkatkan lagi dan cari inovasi yang saat ini menjadi perubahan teknologi di Indonesia, dan sekarang tingkat inovasi Indonesia saat ini berada pada diperingkat 87 dunia dan bisa terus meningkat sehingga lebih kompetitif di era transisi teknologi pada saat ini.

*) Penulis: Rizka Risdiyanti, Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma)

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES