Pendidikan

Dorong SDGs, AIESEC Indonesia Kampanyekan Gerakan AMIR ke Siswa SD, Apa Itu?

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:55 | 386.54k
Relawan AIESEC Indonesia mendampingi para siswa sekolah dasar di Jember saat menggelar kampanye Gerakan AMIR (Ayo Minum Air) di sejumlah sekolah di Jember, beberapa waktu lalu. (FOTO: AISEC Indonesia for TIMES Indonesia)
Relawan AIESEC Indonesia mendampingi para siswa sekolah dasar di Jember saat menggelar kampanye Gerakan AMIR (Ayo Minum Air) di sejumlah sekolah di Jember, beberapa waktu lalu. (FOTO: AISEC Indonesia for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Organisasi kepemudaan AIESEC Indonesia kembali menyelenggarakan misi kepemudaan. Kali ini, kegiatan yang dilaksanakan yakni Gerakan AMIR (Ayo Minum Air).

Gerakan AMIR yang diinisiasi AISEC Indonesia bersama Danone Aqua tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat, khususnya para pemuda tentang pentingnya minum air putih atau mineral setiap hari bagi kesehatan tubuh.

Tahun ini, Gerakan AMIR tersebut menyasar ke sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan pelaksanaan sepanjang Oktober hingga 10 Desember 2019. Salah satunya daerah yang dikunjungi yakni Jember.

AIESEC-Indonesia-2.jpg

Koordinator AMIR Project 2019 untuk wilayah Jatim Ikhwan Firjaun Barlaman mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Gerakan AMIR di Jember, relawan telah mengunjungi 14 sekolah dan melakukan sosialisasi kepada ribuan pelajar sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD), mulai kelas 1 hingga kelas 6.

Di antaranya SDN Kepatihan 01, SDN Tegal Besar 02, SDN Sumbersari 01, SD Al Qodiri, dan SDN Jember Lor 3.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) atau rencana pembangunan berkelanjutan nomor 3 yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan, serta nomor 6 dengan ketersediaan dan pengelolaan air bersih. Dalam kegiatannya, proyek AMIR membawa isu penting yang masih kurang disadari oleh masyarakat Indonesia, yaitu minum air putih untuk menjaga kesehatan dan konsentrasi," terang Ikhwan dalam keterangan tertulis yang kepada TIMES Indonesia, Selasa (10/12/2019).

 

AIESEC-Indonesia-3.jpg

Dia menerangkan, dalam kegiatan tersebut, para relawan AISEC Indonesia melakukan pendekatan persuasif kepada para pelajar. Seperti mengajak untuk mengikuti senam AMIR, mendongeng atau story telling, mengajak bermain, dan membuat jadwal minum air putih setiap harinya.

"Kegiatan terakhir yang tak kalah penting adalah mengajak langsung siswa untuk mengisi botol minumnya dengan air putih, sehingga mereka dapat mempraktikkan minum air putih," ujar aktivis organisasi yang memiliki kepanjangan Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales tersebut.

Ikhwan menambahkan, selain di Jember, Gerakan AMIR yang dikampanyekan mulai 2016 silam oleh AIESEC Indonesia dan Danone Aqua tersebut juga dilaksanakan di Situbondo, Banyuwangi, dan Sidoarjo. Tidak hanya diselenggarakan kabupaten/kota yang ada di Jatim, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surakarta, dan Semarang lebih dulu disambangi oleh gerakan ini. "Ke depan, kami ingin memperluas kampanye Gerakan AMIR ini ke daerah-daerah yang sulit dijangkau. Karena air merupakan sumber kehidupan yang penting bagi manusia dan perlu diketahui oleh masyarakat, khususnya pemuda," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES