Peristiwa Daerah

Hari Antikorupsi Sedunia, MCW Soroti Penerapan Kurikulum PAK di Kampus

Senin, 09 Desember 2019 - 19:46 | 21.01k
Spanduk warning.
Spanduk warning.

TIMESINDONESIA, MALANG – Bertepatan dengan Hari Antikorupsi Sedunia, Malang Corruption Watch (MCW) menyoroti penerapan kurikulum Pendidikan Anti Korupsi (PAK) di sejumlah kampus di Malang Raya.

Koordinator MCW Fachruddin mengatakan, penerapan kurikulum PAK di perguruan tinggi masih berlaku di sejumlah kampus. Ia menyebut KPK telah melakukan MoU dengan kementerian terkait.

"Kalau dilihat memang belum bisa diukur. Karena belum semua kampus menerapkan itu. Tentu ini menjadi perhatian kita bersama terutama bagi kampus," katanya saat dikonfirmasi TIMES Indonesia melalui sambungan telepon seluler, Senin (9/12/2019).

Ia menegaskan penerapan kurikulum PAK bagi kampus yang menjalankan untuk lebih serius. Bukan hanya sebatas formalitas namun harus dipastikan nilai-nilai antikorupsi tersampaikan dan tertanam bagi mahasiswa.

Beberapa fakultas seperti fakultas hukum telah menerapkan kurikulum PAK dalam mata kuliah. Fachruddin berharap semua fakultas bisa menerapkan kurikulum PAK secara menyeluruh dan maksimal.

"PAK itu penting. Bahkan kalau perlu tidak hanya di kampus, di level pendidikan paling rendah pun penting diajarkan sejak dini kepada anak didik. Terutama soal nilai-nilai, seperti kejujuran dan integritas," bebernya gamblang.

PAK pada anak didik di level pendidikan paling rendah diyakini bisa menguatkan karakter anak bangsa tentang antikorupsi. Ini yang harusnya menjadi konsen pemerintah bagaimana memberi perhatian khusus tentang pendidikan antikorupsi kepada anak sejak dini.

MCW merekomendasikan beberapa hal di Hari Antikorupsi Sedunia ini. Di antaranya adalah memasukkan PAK ke dalam kurikulum pendidikan, kinerja penegak hukum harus ditingkatkan supaya memberikan efek jera kepada koruptor, dan Pemerintah Daerah harus bisa membangun sistem akuntabilitas karena masih banyak celah korupsi sehingga membutuhkan pencegahan khusus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES