Peristiwa Daerah

Video Viral, Perempuan Melahirkan di Atas Kapal Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk 

Senin, 09 Desember 2019 - 17:51 | 695.79k
Suasana saat penumpang asal Surabaya melahirkan diatas Kapal Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. (Foto: Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, AKP I Gusti Nyoman Sudarsana for TIMES Indonesia)
Suasana saat penumpang asal Surabaya melahirkan diatas Kapal Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. (Foto: Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, AKP I Gusti Nyoman Sudarsana for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sebuah video viral memperlihatkan seorang perempuan melahirkan di atas kapal yang melayani penyeberangan Ketapang-Gilimanuk (Banyuwangi-Bali). Dalam unggahan video berdurasi 30 detik di Facebook itu, terlihat seorang perempuan tertidur di dek bawah kapal.  

Dalam video viral tersebut, beberapa orang menutupi bagian bawah perempuan yang tertidur di lantai dek kapal. Satu orang perempuan mencoba menenangkan wanita yang melahirkan dan membalut sang bayi yang baru lahir dengan kain. 

Perempuan-Melahirkan-2.jpg

Video pendek tersebut, saat ini sudah dibagikan lebih dari 1.000 kali dan ditonton ribuan kali. Sejumlah komentar netizen pun ikut menyertai.

"Alhamdulillah telah lahir dengan selamat KMP JAMBU 10 LCM SEMOGA KELAK BESARMU JADI PELAUT YG TANGGUH DAN BERBAKTI BUAT KEDUA ORANG TUAMU," tulis Pakde Gintol, dalam unggahan di Facebook, Senin (9/12/2019). 

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, AKP I Gusti Nyoman Sudarsana membenarkan kejadian tersebut terjadi diperairan selat Bali. Kejadian tersebut terjadi pada pukul 07.35 Wita, Senin (9/12/2019). Perempuan itu bernama Suyaningsih, penumpang KMP Jambo VI dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Ketapang Banyuwangi, Suryaningsih, berusia 38 tahun asal Surabaya.

"Lahir normal di atas kapal. Nakhoda kemudian kembali lagi ke dermaga LCM Gilimanuk," kata Nyoman.

Edisi-Senin-9-Desember-2019-lahirkan.jpg

Sudarsana menerangkan, KMP Jambo VI berangkat sekitar pukul 07.30 wita pagi tadi. KMP Jambo VI menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Saat kapal baru berangkat 5 menit, ada informasi orang melahirkan. 

"Salah satu ABK kapal namanya Lasmono langsung menginformasikan kepada nakhoda, Budiyanto untuk kembali ke Dermaga LCM Gilimanuk. Pada pukul 07.45 wita pasien tiba di Puskesmas II Melaya atau Puskesmas Gilimanuk dengan diantar menggunakan ambulans ASDP Gilimanuk," tambahnya. 

Menurut Dr. Ni Luh Leli, dokter, yang menangani wanita melahirkan di kapal, bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki, dengan bobot seberat 3 kilogram dan panjang 50 sentimeter. Ibu dan bayi diketahui dalam kondisi selamat dan sehat.

Peristiwa seorang perempuan melahirkan di atas kapal yang melayani penyeberangan Ketapang-Gilimanuk menjadi pembicaraan warganet setelah muncul video viral di facebook yang memperlihatkan proses kelahiran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES