Peristiwa Daerah

Tangis Pasutri Buruh Tani Banyuwangi Iringi Putranya Lolos Taruna Poltekip Angkatan 54

Senin, 09 Desember 2019 - 15:02 | 510.61k
Feni Adi Saputra, satu-satunya putra Banyuwangi yang lolos Taruna Poltekip angkatan 54. (Foto : Istimewa)
Feni Adi Saputra, satu-satunya putra Banyuwangi yang lolos Taruna Poltekip angkatan 54. (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pasangan Ponimin dan Alfiyati, tak kuasa menahan air mata bahagia. Buruh tani asal Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, ini terus sesenggukan ketika melihat Feni Adi Saputra, sang buah hati dilantik menjadi Taruna Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip) angkatan 54, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham RI), Senin (9/12/2019).

Suasana haru makin terasa ketika upacara pelantikan di Kampus Badan Pengembang Sumber Daya Manusia (BPSDM), Jalan Raya Gandul, Cinere, Depok itu usai. Dengan tergopoh-gopoh, pasangan paruh baya tersebut langsung menghampiri sang anak. Tangan keduanya menggapai pundak dan memeluk erat tubuh si putra bungsu yang berusia 19 tahun itu.

"Selamat ya nak, saya doakan semua harapanmu terkabul dan selalu diberi kemudahan," ungkap Alfiyati, sang ibu, dengan bahasa Jawa.

Bagi Ponimin dan Alfiyati, keberhasilan Feni, adalah berkah yang luar biasa. Sebagai wong ndeso yang hanya buruh tani, mereka tidak pernah menduga jika putra ketiganya bisa berhasil lolos menjadi Taruna Poltekip. Apalagi, Feni adalah satu-satunya Taruna asal Banyuwangi di angkatan 54.

Bahkan saking bahagianya, pasangan buruh tani ini rela menyisihkan uang agar bisa menyaksikan hari bersejarah sang buah hati. Mereka datang ke Depok dengan didampingi Ahmad Syahroni, kakak sulung Feni.

Feni sendiri adalah alumni SMAN 1 Gambiran, Banyuwangi. Lahir di tengah keluarga dengan ekonomi kurang beruntung, tak mudah bagi putra ketiga dari tiga bersaudara ini untuk moncer di bidang akademik. Tapi hal tersebut tak pernah membuat Feni putus asa.

Hingga akhirnya, dia berhasil memetik buah manis dari perjuangannya, dengan lolos menjadi Taruna Poltekip Angkatan 54. "Alhamdulillah, saya sangat bersyukur, ini semua berkat doa kedua orang tua dan dukungan kedua saudara saya," ungkap Feni, sambil menahan air mata.

Tes seleksi masuk Taruna Poltekip angkata 54, ini diikuti puluhan ribu peserta dari seluruh Indonesia. Dari keseluruhan, hanya 300 peserta yang dinyatakan lolos. Terdiri dari 225 taruna dan 75 taruni.

Perlu di ketahui Poltekip merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 tahun setara dengan Strata 1 (S-1). Yang selanjutnya akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Analis Pemasyarakatan. Maka sangat patut dibanggakan, sebagai putra Banyuwangi, Feni Adi Saputra, berhasil lolos menjadi Taruna Poltekip angkatan 54. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES