Peristiwa Internasional

Acara Mundo de Illusiones, Presiden Peru Kagumi Angklung Indonesia

Senin, 09 Desember 2019 - 09:56 | 65.88k
Presiden Peru, Martin Vizcarra yang mengagumi angklung,  musik khas Indonesia pada acara Mundo de Illusiones di Lima, Peru. (FOTO: KBRI Lima)
Presiden Peru, Martin Vizcarra yang mengagumi angklung, musik khas Indonesia pada acara Mundo de Illusiones di Lima, Peru. (FOTO: KBRI Lima)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Peru, Martin Vizcarra terkagum-kagum saat permainan angklung oleh KBRI Lima digelar dalam acara Mundo de Illusiones yakni kegiatan amal tahunan selama dua hari (6-7/12/2019).

Presiden Vizcarra menyatakan kekagumannya atas angklung Indonesia. Selain bentuknya yang unik dan bahan yang terbuat dari bambu, angklung juga bisa dimainkan dengan mudah oleh para pengunjung. ​

c9872afff0eabd226d379c82e94943bc.jpg

Kegiatan ini langsung dikoordinir Ibu Negara Peru, Marisol Diaz Cabello dalam rangka perayaan Natal yang dipersembahkan untuk anak-anak sekolah SD dan SMP dari berbagai daerah di Peru.

Angklung khas Indonesia menjadi salah satu instrumen yang paling diminati  para pengunjung stand Indonesia termasuk Presiden Peru Martin Vizcarra dan Ibu Negara Marisol Diaz Cabello.

Ini merupakan kali kedua Indonesia berpartisipasi membuka stand dengan menampilkan angklung, wayang golek dan wayang kulit, serta desain berbahan kain batik yang dijadikan hiasan Natal.

Selama acara berlangsung, stand Indonesia dikunjungi oleh para pejabat pemerintah Peru dan sekitar 3000 anak yang masing-masing mendapat hadiah tas dengan logo Wonderful Indonesia berisi buku dan pulpen, serta minuman nata de coco khas Indonesia.

2a848c68e3838d21375858e51cfc765d.jpg

Selain membuka stand, Indonesia juga mempersembahkan penampilan khusus selama 30 menit kepada para peserta di panggung utama.

Dengan penonton sekitar 250 anak-anak dan guru pendamping, Indonesia membawakan cerita “journey to islands in Indonesia" yang memperkenalkan pulau-pulau besar yang ada di Indonesia seperti Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

Edisi-SENIN-9-Desember-2019-angklung.jpg

Pada penampilan tersebut dibawakan lagu Kicir-Kicir, permainan musik angklung, dan tari Saman. Selain itu juga diadakan peragaan busana (fashion show)  yang memperkenalkan baju-baju daerah di ​Indonesia.

Kegiatan ini diikuti beberapa badan Pemerintah Peru seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Budaya serta 19 Perwakilan Asing yang berada di Peru yaitu Indonesia, Arab Saudi, Brazil, Kanada, Kolombia, Chile, Meksiko, Costa Rica, Guatemala, China, Ecuador, Uni Eropa, India, Italia, Malaysia, Morocco, Belanda, Polandia, dan Amerika Serikat.

Setelah mendengarkan permainan angklung oleh KBRI Lima dalam acara Mundo de Illusiones yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 Desember 2019 di Istana Presiden Peru Martin Vizcarra yang mengaguminya, tepuk tangan meriah langsung membahana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES