Peristiwa Daerah

Ikut Donor Darah di Malam Minggu, Kenapa Nggak?

Minggu, 08 Desember 2019 - 10:31 | 68.48k
Petugas PMI tengah mengambil darah pada salah satu pendonor di kegiatan donor darah massal oleh Ace Lippo Plaza Jember, Sabtu (7/12/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Petugas PMI tengah mengambil darah pada salah satu pendonor di kegiatan donor darah massal oleh Ace Lippo Plaza Jember, Sabtu (7/12/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Antrian puluhan orang tampak mengular di salah satu sudut yang ada di The Forum yang bisa ditemui di lantai 1 Lippo Plaza Jember, Jawa Timur, Sabtu (7/12/2019) malam. Orang-orang tersebut rupanya tengah mengantri untuk mendonorkan darahnya di kegiatan donor darah massal yang diselenggarakan oleh Ace Lippo Plaza Jember. Kegiatan tersebut digelar untuk memeriahkan bulan PMI (Palang Merah Indonesia) pada Desember ini.

Para pendonor yang juga merupakan pengunjung Lippo Plaza Jember tersebut rela menunggu giliran di dalam antrian, meski saat itu adalah malam minggu yang biasanya menjadi waktu khusus untuk berjalan-jalan bareng keluarga.

591dd570fdbc58091f12aa41138d413b.jpg

Lama tunggu antrian sekitar 10 hingga 30 menit. Tergantung panjang antriannya. Pihak UTD PMI Cabang Jember yang digandeng Ace Lippo Plaza Jember untuk menggelar kegiatan tersebut, menyediakan enam kursi bagi pendonor.

Proses pengambilan darah oleh petugas PMI kepada masing-masing pendonor biasanya membutuhkan waktu tidak lama. Hanya 8 - 10 menit.

Store Manager Ace Lippo Plaza Jember Tegoeh Ari Soeprapto kepada TIMES Indonesia mengatakan bahwa kegiatan donor darah massal yang diadakan pihaknya merupakan salah satu wujud kepedulian pihaknya kepada kemanusiaan.

Kegiatan tersebut juga digelar serentak di seluruh store Ace di berbagai daerah.

"Karena setetes darah kita sangat berarti bagi saudara kita yang membutuhkan," kata Tegoeh di lokasi kegiatan tersebut.

Tegoeh menerangkan bahwa dalam kegiatan sosial tersebut, pihak toko yang menjual barang rumah tangga serba ada itu menargetkan 20.000 kantong darah yang dihimpun dari para pendonor. Namun, tidak cuma dari Ace Lippo Plaza Jember.

e6cc99a496e1b7736dbc2fb22bb0623b.jpg

"Jadi 20.000 kantong darah dikumpulkan dari 40 kota/kabupaten sejak kegiatan ini mulai dilaksanakan awal tahun 2019. Di Ace Lippo Jember sendiri malam ini menargetkan 100 kantong darah," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan donor darah tersebut disambut antusias masyarakat. Bahkan, ada sejumlah masyarakat yang datang dari luar Jember untuk mendonorkan darahnya di acara tersebut.

"Kami juga undang sejumlah komunitas untuk ikut serta dalam kegiatan ini," imbuhnya.

e332d070854a439a634c1ba2a8eac733.jpg

Wahyu, salah satu pengunjung Lippo Plaza Jember yang mendonorkan darah di acara tersebut mengatakan bahwa dirinya merupakan pendonor darah aktif dan rutin.

"Kebetulan saat ini waktunya saya kembali mendonorkan darah. Kan setiap 3 bulan sekali kita disarankan untuk donor darah," ujarnya.

Dia mengaku tidak keberatan untuk meluangkan waktu bersantainya untuk mendonorkan darahnya malam itu di kegiatan donor darah massal oleh Ace Lippo Plaza Jember. "Nggak keberatan sama sekali. Kenapa nggak? Karena cuma butuh waktu sebentar tapi manfaatnya banyak buat orang lain maupun diri sendiri," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES