Kopi TIMES

Esensi Pancasila di Era 4.0

Jumat, 06 Desember 2019 - 21:42 | 341.62k
Fera Tiara Yunitasari, Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma). (Grafis: TIMES Indonesia)
Fera Tiara Yunitasari, Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma). (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Di zaman yang serba digital ini, banyak sekali anak muda yang tidak peduli akan pentingnya pendidikan Pancasila, mereka lebih suka bermain game online dari pada belajar mengenai pendidikan Pancasila, padahal pendidikan Pancasila itu sangat penting bagi anak-anak muda zaman sekarang, karena di zaman digital ini banyak sekali ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila, mengingat Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang mana pada zaman kemerdekaan terjadi ke bimbangan dari para pahlawan Indonesia, mereka bimbang karena apa yang akan menjadi ideologi bangsa Indonesia, kemudian dipilihlah Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI http://unisma.ac.id/

Kalau kita sebagai warga negara Indonesia saja tidak tahu apa ideologi bangsa ini, mau jadi apa kedepannya negara yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita, yang berjuang sampai titik darah penghabisan, dan kita seharusnya sebagai generasi muda kita diwajibkan untuk mengetahui ideologi bangsa kita, kalau bisa kita tidak hanya mengetahui tetapi juga bisa mengupas nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila dan kita juga bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan nilai-nilai Pancasila pada anak sekolah dasar merupakan pondasi yang amat penting  dalam  membangun  kepribadian  baik  di  masa perkembangan  maupun untuk masa depannya. Guru sebagai teladan yang baik dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila akan lebih efektif apabila ditopang dengan pendekatan dan media teknologi dalam penguatan nilai-nilai Pancasila pada anak sekolah dasar.

Di era digital seperti sekarang ini teknologi komunikasi dan informasi terus mengalami perkembangan, untuk itu perkembangan teknologi juga harus dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perkembangan dalam semua aspek pendidikan. Dalam hal ini guru juga harus beradaptasi untuk menggunakan teknologi dan sumber belajar berbasis multimedia atau digital untuk proses pembelajaran salah satunya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam jenjang pendidikan sekolah dasar.

Penguatan implementasi nilai-nilai Pancasila melalui Portal Rumah Belajar adalah salah satu alternatif sebagai media pembelajaran di era digital. Rumah belajar berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Siswa bisa mengakses portal rumah belajar melalui laptop atau smartphone baik secara online maupun offline. Penguatan implementasi nilai-nilai Pancasila bisa diakses melalui salah satu fitur di rumah belajar yaitu sumber belajar dimana sumber belajar memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital yang disajikan secara interaktif. Sehingga materi penguatan nilai-nilai Pancasila disajikan secara interaktif dan menarik. Berikut adalah salah satu contoh fitur sumber belajar yang berisi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam gambar, animasi, video dan simulasi, yang bisa diakses di smartphone dimana saja kapan daja dengan siapa saja baik secara online maupun offline.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI http://unisma.ac.id/

Dengan adanya akses internet dan masuknya pembelajaran tentang nilai-nilai Pancasila dalam dunia digital, diharapkan semua masyarakat bisa dengan mudah mempelajari dan memahami apa itu Pancasila. Dengan demikian, diharapkan penyalahgunaan dalam mengakses internet bisa diminimalisir dengan adanya kemudahan masyarakat dalam memahami nilai-nilai Pancasila secara online.

 

*) Penulis: Fera Tiara Yunitasari, Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Universitas Islam Malang (Unisma)

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES