Peristiwa

Mulai Tahun Depan, Bandara Kertajati Bakal Berangkatkan Jemaah Haji

Sabtu, 07 Desember 2019 - 16:31 | 37.32k
Menteri Agama RI, Fachrul Razi dan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Menteri Agama RI, Fachrul Razi dan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah memutuskan Bandara Kertajati, Jawa Barat pada musim haji 1441H/2020M bakal menjadi salah satu lokasi pemberangkatan jemaah haji Indonesia.

Keputusan ini disampaikan Menteri Agama RI (Menag RI) ,Fachrul Razi usai mengadakan pertemuan dengan Menteri Perhubungan RI (Menhub RI) ,Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta pada Jumat (06/12).

“Kami sepakat bahwa tahun ini kami harus langsung memberangkatkan jemaah dari Bandara Kertajati. Hambatan-hambatan pasti ada lah, tapi nanti akan kita pecahkan bersama,” kata Menag.

Untuk mempercepat proses penyiapan Bandara Kertajati, Menag Razi mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk segera membentuk tim kecil. "Kita akan memecahkan hambatan-hambatan yang masih ada secepatnya," kata Menag.

Sementara Menhub Budi Karya juga sepakat untuk mempercepat proses persiapan penggunaan Bandara Kertajati. "Dan yang hebat Pak Menteri Agama sudah menugaskan kepada kita semuanya, minggu depan sudah mulai kerja untuk menyelesaikan masalah Kertajati ini," paparnya.

Pemerintah menargetkan dari 97 kelompok terbang (kloter) yang ada di Embarkasi Jawa Barat, 20 di antaranya akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati. "Kita mengharapkan ada paling tidak sekitar 20 flight minimal. Karena itu tiga kabupaten yang terdekat. Tapi kalau lebih banyak lebih bagus. Tapi minimal 20 flight," tutur Budi.

Menhub juga menyampaikan bahwa pemerintah juga akan mulai menggunakan Bandara Kertajati bagi jemaah umrah.  Apalagi jemaah umrah di Jawa Barat bagian timur ada 180 ribu jemaah per tahun.

"(Selain jemaah haji) jadi kita harapkan, (umrah) yang diberangkatkan dari Bandara Kertajati, ada satu flight diberangkatkan dari sana. Dan Bapak Menteri Agama sudah setuju. Ini akan kita laksanakan mulai 1 Februari," ujar Menhub RI, Budi Karya Sumadi.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES