Indonesia Positif

Pemkab Bantul Hijaukan Pantai Samas dengan 5 Ribu Cemara Udang

Sabtu, 07 Desember 2019 - 12:50 | 90.37k
Kebersamaan Pemkab Bantul dan TNI hijaukan pantai Samas dengan menanan 5.000 batang cemara udang (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Kebersamaan Pemkab Bantul dan TNI hijaukan pantai Samas dengan menanan 5.000 batang cemara udang (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTULPemkab Bantul berusaha menghijaukan lingkungan lewat penanaman pohon yang cocok tumbuh di pantai. Untuk mewujudkan hal itu digelar acara tanam pohon cemara udang dalam Peringatan Hari Menanam Indonesia Tahun 2019, pada Jumat, 6 Desember 2019 di Pantai Samas, Srigading, Sanden.

Kegiatan ini dilaksanakan bersinergi dengan TNI yang sekaligus juga peringatan Hari Bakti TNI.

 Pada acara yang diisi dengan penanaman pohon cemara udang ini dihadiri oleh Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI M. Zamroni, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Dandim Bantul Letkol Didi Carsidi, dan Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tribudi Sulistiyono, SIK.

Pemkab-Bantul-2.jpg

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan memupuk rasa cinta lingkungan kepada masyarakat agar memahami bahwa konservasi lingkungan menjadi sangat penting untuk merespon perubahan iklim global sekaligus mitigasi bencana. 

Pantai selatan Bantul merupakan daerah rawan tsunami dan abrasi, sehingga diperlukan upaya mitigasi non struktural agar ketika terjadi bencana dapat diminimalisasi dampak kerusakannya.

Danrem 027 Pamungkas dalam amanatnya mengatakan bahwa pembangunan dalam bentuk apapun membutuhkan senergitas dari semua pihak baik dari unsur pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Pemkab-Bantul-3.jpg

"Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh yang baik dan pantas untuk menjadi model pembangunan yang efektif dan efisien," urai Zamroni.

Sementara itu Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono sangat mendukung terselenggaranya kegiatan penghijauan ini karena akan memberi manfaat bagi masyarakat. 

"Pemkab Bantul memandang bahwa lewat penghijauan ini akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Harapannya ke depan kawasan pantai yang rimbun dan teduh mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai Samas," jelas Suharsono.

Pada acara ini ditanam sebanyak 5.000 cemara udang untuk Pantai Samas yang diharapkan mampu menghijaukan dan mengurangi abrasi pantai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES