Peristiwa Daerah

Buih Putih dari PLTU Paiton Cemari Pantai Bohay Probolinggo

Sabtu, 07 Desember 2019 - 14:51 | 534.54k
Limbah atau buih yang berasal dari PLTU Paiton, memenuhi bibir pantai Bohay, Paiton, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Istimewa)
Limbah atau buih yang berasal dari PLTU Paiton, memenuhi bibir pantai Bohay, Paiton, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Wisata Pantai  Bohay (Binor Harmony) Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timut, dipenuhi buih berwarna putih mirip salju yang meluber ke bibir pantai. Buih atau limbah itu berasal dari PT.PJB UB JOM PLTU Paiton.

Buih tersebut menyebar ke kawasan wisata Pantai Bohay, pada Jumat (6/12/2019) sekitar pukul 15.30 WIB hingga Sabtu (7/12/2019) pagi. Berdasarkan keterangan yang dihimpun, buih tersebut merupakan limbah dari proses pendingin kondensor yang juga berasal dari air laut dan dikembalikan.

“Ini baru pertama kali terjadi di sini. Sebelumnya tidak pernah ada buih semacam ini, dan ini mengganggu kenyamanan wisatawan. Buih ini berasal dari unit 9 PJB UB JOM PLTU Paiton,” terang Anton Marsono, pengelola wisata Pantai Bohay, kepada wartawan Sabtu (7/12/2019).

Limbah-atau-buih-2.jpg

Kata Anton, buih berwarna putih kecokelatan itu terasa gatal jika menyentuh kulit, dan kondisi itu bisa mengganggu pengunjung yang bermain ke bibir pantai.

Hal serupa dikatakan Miftah Alfiah Hidayati, seorang pengunjung, ia menuturkan buih itu memang terlihat indah, tapi terasa mengganggu bagi pengunjung, karena terasa gatal saat bermain air laut.

“Gatal ke kulit mas. Tapi bila sekilas dipadang memang indah karena mirip salju. Namun, takut juga jika menyentuh kulit, takut berdampat buruk, karena terasa gatal, apalagi ke anak kecil,” paparnya.

Limbah-atau-buih-3.jpg

Sementara itu Suyanto, Manager Pemeliharaan Lingkungan PT. PJB UB JOM PLTU Paiton membenarkan, jika limbah atau buih itu berasal dari tempat ia bekerja. Namun, ia mengklaim buih itu tidak membahayakan.

“Iya mas, itu limbah dari pendingin kondensor, dan baru pertama kali terjadi seperti ini, padahal dari semua mesin yang ada tidak terjadi masalah. Buih itu tidak membahayakan, kami menciptakan limbah yang dibuang ke laut itu ramah lingkungan, limbah berasal dari air laut. Dan dibuang ke laut,” terang Suyanto, saat dihubungi via selulernya.

5d5d37eaaa09b5daf85432b860ce5882.jpg

Dari kondisi itu, limbah atau buih yang mirip salju di wisata Pantai Bohay, Paiton, Probolinggo, itu kemudian dilakukan pembersihan oleh petugas dari PT. PJB UB JOM PLTU Paiton. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES