Peristiwa

Menag RI Optimistis Indonesia Mendapat Kuota 231 Ribu Jemaah pada 2020

Jumat, 06 Desember 2019 - 10:04 | 102.77k
Menteri Agama RI (Menag RI) Jenderal (Purn) Fachrul Razi (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Menteri Agama RI (Menag RI) Jenderal (Purn) Fachrul Razi (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama RI (Menag RI), Fachrul Razi mengaku optimis jika Pemerintah Arab Saudi akan menambah kuota haji Indonesia untuk musim 1441H/2020M menjadi 231 ribu jemaah haji.

Hal ini ditegaskannya usai kunjungan kerja ke Arab Saudi dalam rangka penandatanganan MoU Penyelenggaraan Haji 1441H/2020M. Kuota haji jadi salah satu poin penting dalam MoU yang ditandatangani Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Muhammad Saleh bin Thahir Benten dengan tiap menteri yang bertanggungjawab dalam penyelenggaraan haji, termasuk Menag RI.

Dalam MoU itu, kuota dasar jemaah haji Indonesia sendiri berjumlah 221 ribu, terdiri atas 204 ribu kuota jemaah haji reguler, dan 17 ribu kuota jemaah haji khusus. Namun, ada klausul juga bahwa Indonesia mengajukan penambahan sebesar 10 ribu.

Selain itu kuota petugas, jumlahnya masih sama dengan tahun lalu yakni 4.100 personel di mana Indonesia juga mengajukan usulan tambahan agar kuota petugas haji menjadi 4.200.

"Pihak Saudi memahami kebutuhan Indonesia untuk tambahan kuota. Mereka minta agar kita mengajukan secara khusus, dan akan dipertimbangkan. Kalau saya lihat, mereka sudah siap untuk ngasih," terang Menag.

Menurut Menag, jika permohonan Indonesia diterima, maka kuota 10 ribu tersebut bersifat tambahan, bukan kuota dasar. Apakah akan menjadi kuota dasar, Menag menyebut hal itu perlu dibahas bersama dalam kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam (KTT OKI).

Menag RI menyatakan tarik ulur penambahan kuota haji sendiri terkait dengan fasilitas di Mina yang sangat terbatas. Untuk itu, Saudi akan berusaha menambah kenyamanan jemaah haji terlebih dahulu, bukan menambah kuota. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah membangun 60 ribu toilet bertingkat dalam rentang dua tahun. 

“Kami sudah minta ke pihak Arab Saudi agar proses pembangunannya dimulai dari tenda yang menjadi kawasan jemaah haji Indonesia. Dia kelihatannya setuju. Karena jemaah kita memang terbanyak. Itu bukan jumlah yang tanggung-tanggung. Kelihatannya toilet yang ada akan dibongkar lalu ditinggikan,” ucap Menag RI, Fachrul Razi yang optimis usulan kuota haji Indonesia direstui Arab Saudi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES