Peristiwa Daerah

Fenomena Hujan Es di Kota Malang, Apa Penyebabnya?

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:26 | 54.17k
Ilustrasi hujan es di Sydney, Australia. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi hujan es di Sydney, Australia. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Fenomena hujan es melanda kawasan Lowokwaru, Kota Malang pada Kamis (5/12/2019). Informasi tersebut juga ramai dibincangkan warganet di media sosial. 

Analis Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Mahfuzi membenarkan fenomena langka tersebut. 

Ia menjelaskan, hujan es tersebut disebabkan oleh posisi dari awan mendung yang cukup tinggi. Hingga ketinggian awan itu menjadi uap air dan berubah menjadi kristal es ketika turun ke bawah.

"Semakin tinggi itu suhu jadi semakin rendah. Kali ini awan mendungnya itu lebih tinggi jadi ketika uap air muncul itu mengkristal dan terjatuhlah air hujan itu berupa kristal atau es batu," katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler.

Semakin tinggi posisi dari awan mendung, sambungnya, maka semakin rendah suhu di sekitar awan tersebut. Ia menganalogikan saat berada di puncak gunung maka suhunya akan berbeda saat berada di laut. 

"Di gunung kan lebih dingin karena apa karena tekanan udaranya lebih rendah. Sedangkan di dataran rendah tekanannya sangat tinggi. Jadi ketika udara bertekanan tinggi itu udara dan udara lain saling berkecamuk dan menimbulkan suhu panas. Berbeda dengan suhu tekanan rendah. Yang udaranya cukup tenang dan menimbulkan efek dingin," terangnya.

Fenomena hujan es di Kota Malang ini termasuk langka. Hujan juga dibarengi dengan angin kencan. Kristal es yang ditemukan diperkirakan berukuran kecil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES