Peristiwa Daerah

Antisipasi Konflik Sosial di Kota Madiun, Wali Kota Madiun: Tak Usah Percaya Hoaks

Rabu, 04 Desember 2019 - 20:29 | 45.24k
Pelaksanaan rakor penanganan konflik sosial di Gedung Diklat Kota Madiun. (Foto: Ito Wahyu U /TIMES Indonesia)
Pelaksanaan rakor penanganan konflik sosial di Gedung Diklat Kota Madiun. (Foto: Ito Wahyu U /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUNWali Kota Madiun H. Maidi mengakui potensi konflik sosial di Kota Madiun masih ada. Ada tiga hal yang bisa menjadi pemicu konflik. Yakni,  penyebaran berita tidak benar (hoaks), radikalisme dan narkoba.

“Saya tekankan kepada seluruh masyarakat tidak usah percaya pada hoaks atau berita bohong yang sifatnya tidak jelas. Mari semua menjaga lingkungannya masing-masing. Kalau ada berita yang kurang baik, sampaikan kepada kami,” kata wali kota saat membuka rakor penanganan konflik sosial di Gedung Diklat Kota Madiun, Rabu (4/12/2019).

rakor-2.jpg

Maidi berharap tokoh agama dan tokoh masyarakat ikut berperan aktif menjaga situasi kondusif. Penanganan masalah konflik sosial juga tidak bergantung pemerintah maupun TNI/Polri.

"Menjaga situais kondusif adalah tanggung jawab kita bersama," tegas Maidi.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa Poltik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Kota Madiun, Darmawan menjelaskan, kegiatan rakor sebagai upaya antisipasi timbulnya ancaman yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Kota Madiun.

"Rakor ini diselenggarakan untuk menanggulangi dan meminimalisir terjadinya konflik sosial di masyarakat. Termasuk upaya penangan jika terjadi konflik serta langkah yang akan diambil," jelasnya.

Rakor diikuti seluruh jajaran Forkopimda Kota Madiun serta perwakilan tokoh agama dan masyarakat. Peserta rakor sebanyak 150 orang termasuk anggota penanganan konflik sosial di masing-masing wilayah kecamatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES