Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Perumusan Masalah Politik yang Ada Pada Kebijakan Publik di Era Globalisasi

Senin, 02 Desember 2019 - 11:53 | 131.29k
Hilda Permatasari (Mahasiswa Prodi ilmu administrasi publik, FIA Unisma Malang)
Hilda Permatasari (Mahasiswa Prodi ilmu administrasi publik, FIA Unisma Malang)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGDALAM buku "kebijakan publik, evaluasi, reformasi, birokrasi"  menjelaskan tentang Proses kebijakan publik disemua pihak dalam pemerintahan dan untuk menjawab persoalan-persoalan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut penulis dalam buku ini mengatakan bahwa kebijakan publik adalah suatu keputusan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang untuk kepentingan bersama. Kebijakan publik tidak terlepas dari kebutuhan, tuntutan, kepentingan, dan agenda setting semua pihak dalam pemerintahan. Kebijakan publik dibuat untuk menjawab persoalan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat dengan berbagai aspek dan ketentuan yang berlaku. Prosesnya bisa saja diawali dari sebuah problematika yang muncul di masyarakat.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kebijakan publik menjadi starting point dalam penyelenggaraan pemerintah, maka harus menghasilkan output program yang baik. Selain itu juga ada proses reformasi kebijakan yang perlu dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas kebijakan yang sesuai dengan harapan. Buku ini  digunakan untuk memberikan pemahaman secara konseptual proses administratif yang ada didalam masing-masing tahap kebijakan publik terutama pada aspek tahapan evaluasi, reformasi, dan formulasi.

Formulasi kebijakan, implementasi, kebijakan, maupun evaluasi kebijakan publik yang dilakukan berdasarkan kepentinangan publik. Di samping itu untuk membentuk tujuan yang sesuai dengan yang telah diharapkan. pelayanan  publik mempunyai pengaruh besar terhadap sistem dan tatanan pemerintahan. Kebijakan publik yang sangat kompleks dengan cepat mengalami perubahan dan membentuk suatu kesatuan dalam kebutuhan implementatifnya. Karakteristik menjadi pedoman bagi negara-negara untuk mengambil langkah kebijakan publik.

Pertama Evaluasi merupakan suatu proses menilai seberapa jauh kebijakan dapat membuahkan hasil. Evaluasi melihat secara obyektif program yang dilaksanakan dan memfokuskan diri pada pekerjaan tertentu yang dijalankan untuk mengukur tingkat kebijakan yang dilakukan pemerintah pada masyarakat. Sebagaimana yang dilakukan pimpinan sebagai bagian dari bentuk evaluasi terhadap kinerja untuk menentukan apakah seorang karyawan melakukan pekerjaan dengan baik atau tidak.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Yang kedua dalam buku ini membahas reformasi birokrasi dimana hal itu menunjukkan bahwa kebijakan yang ada didalam birokrasi menjadi tuntutan bagi pemerintah untuk melaksanakan sesuai dengan fungsi dan wewenangnya. Reformasi sendiri adalah gerakan pembaharuan yang dipancarkan oleh kekuatan tertentu didalam masyarakat sebagai reaksi atau koreksi total dan fundamental terhadap kekuasaan yang sedang berjalan berdasarkan pertimbangan moral, politik, ekonomi dan doktrinal. Sedangkan yang ketiga formulasi kebijakan yang dibahas merupakan konsep untuk perencanaan apa yang diputuskan agar mendapatkan hasil sebuah konsep formulasi yang dapat dilakukan dalam kebijakan publik.

Kelebihan dalam buku kebijakan publik ini, memberikan dinamika yang menarik dalam perkembangan ilmu administrasi publik terutama yang lebih fokus pada hal kebijakan publik. Kaidah-kaidah yang disampaikan dalam buku ini sangat penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Buku ini juga mengingatkan kita bahwa kualitas pelayanan masih menjadi pekerjaan yang harus dilakukan pemerintah kepada masyarakat agar tercapainya tujuan yang diinginkan oleh masyarakat untuk menjadi negara yang adil, makmur, sejahtera serta bisa meningkatkan kinerja.

Buku ini layak dibaca dan dipelajari sebagai pemahaman awal bagi pelayanan publik karena didalamnya terdapat pengertian serta evaluasi pelayanan publik.  Serta tidak lepas dari pertimbangan bahwa penjelasan per bab yang dibahas secara terperinci dalam buku ini begitu bisa dijadikan sumber untuk para mahasiswa unisma maupun mahasiswa di universitas lainnya agar lebih dalam mendalami ilmu politik dan administrasi publik. Menurut saya buku ini sangat cocok untuk dikaji oleh setiap mahasiswa maupun dosen dan para pembaca yang suka dengan ilmu politik Universitas Islam Malang.

Kelemahan dalam buku kebijakan publik ini, menggunakan bahasa ilmiah yang menurut saya sulit dimengerti, mungkin bagi yang memahami bahasa yang ada di dalam buku ini bisa memahami dengan jelas tentang buku kebijakan publik.

Kesimpulan dari buku "kebijakan publik, evaluasi, reformasi, birokrasi" menurut saya bisa dijadikan panduan untuk perkuliahan bagi kalangan dosen dan mahasiswa-mahasiswi lainnya. Bagi saya buku ini sangat membahas tentang kebijakan-kebijakan publik.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES