Peristiwa

Toilet Bertingkat Bakal Dibangun di Mina, Indonesia Minta Jatah Proritas

Rabu, 04 Desember 2019 - 13:01 | 34.73k
Menteri Agama RI (Menag RI) Fachrul Razi meninjau kawasan Mina (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Menteri Agama RI (Menag RI) Fachrul Razi meninjau kawasan Mina (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Pemerintah Arab Saudi berencana meningkatkan kualitas layanan haji dengan membangun toilet bertingkat di kawasan Mina. Untuk itu, Kementerian Agama RI (Kemenag RI), berusaha meminta prioritas pembangunan untuk jemaah haji Indonesia.

Rencana pembangunan tersebut terungkap dalam pembahasan MoU Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441H/2020M antara Menteri Agama RI (Menag RI), Fachrul Razi dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh bin Thahir Benten di Makkah. 

"Saudi akan membangun 60.000 toilet bertingkat di Mina untuk semua negara. Menteri Agama Fachrul Razi sudah menyampaikan permintaaan ke pihak Saudi agar kawasan tenda yang biasa ditempati jemaah haji Indonesia didahulukan pembangunan toilet bertingkatnya," terang Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis yang mendampingi Menag.

Menurut Sri Ilham, pembangunan toilet di Arafah dan Mina memang menjadi salah satu usulan Indonesia yang dibahas bersama Kementerian Haji dan Umrah. Keberadaan toilet bertingkat yang telah dibangun di Muzdalifah terbukti dapat mengurangi antrian.

"Karenanya, kami berharap toilet bertingkat juga dibangun di Arafah dan Mina guna meningkatkan kenyamanan jemaah haji dan mengurangi antrian. Gayung bersambut, Pemerintah Saudi tahun ini sudah akan mulai membangun toilet bertingkat dengan jumlah mencapai 60 ribu," imbuhnya.

Usulan tentang pentingnya perbaikan layanan di Mina memang terus disuarakan Kemenag RI. Terakhir, pada akhir musim haji 1440H/2019M digelar pertemuan antara Menag RI saat itu, Lukman Hakim Saifuddin dengan Gubernur Makkah Khalid al Faisal bin Abdulaziz untuk membahas peningkatan kualitas layanan bagi jemaah haji itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES