Peristiwa Daerah

Dinkes Ponorogo Ajak Masyarakat Tes HIV/AIDS Secara Mandiri

Selasa, 03 Desember 2019 - 13:39 | 88.04k
Rahayu Kusdarini Kepala Dinkes Kabupaten Ponorogo. (Foto: Istimewa)
Rahayu Kusdarini Kepala Dinkes Kabupaten Ponorogo. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Tes Human Immunodeficiency Virus (HIV) kepada masyarakat Dinkes Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mengajak remaja untuk melakukan tes HIV/AIDS mandiri. 

drg. Rahayu Kusdarini Kepala Dinas Kesehatan mengatakan, dengan melakukan tes HIV, nantinya mereka yang positif mengidap HIV bisa cepat langsung ditangani. Hingga awal bulan Desember  Dinkes Ponorogo menemukan ada 80 penderita HIV baru.

''Dari bulan Januari hingga awal Desember 2019 ini ditemukan ada 80 pengidap baru,'' kata Irin sapaan akrab drg. Rahayu Kusdarini.

Dari jumlah tersebut, ada satu orang yang masih remaja terpapar virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga puluhan orang dari beragam latar belakang usia. Dan tidak semuanya adalah kelompok rentan HIV. "Tidak seperti tahun lalu, kali ini tidak ada temuan bayi maupun anak-anak yang terpapar. Namun ada ibu rumah tangga yang positif karena tertular dari suaminya yang merupakan TKI,'' katanya.

Irin mengatakan meski ada temuan baru sebanyak 80 jumlah tersebut lebih sedikit dibanding temuan pada tahun lalu yang temuannya ada 100 lebih. Dia mengeklaim suksesnya program pencegahan yang dilakukan Dinkes. Yakni dengan rutin menggelar screning. Tes HIV berbeda dengan screening penyakit lain."Jadi kalau tes HIV itu ada konsultasi dulu, supaya kalau peserta tes ada yang positif, tidak syok,'' Jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES