Peristiwa Daerah

TP4D akan Dibubarkan, Begini Komentar Kades di Gresik

Selasa, 03 Desember 2019 - 19:13 | 21.99k
Ilustrasi. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Ilustrasi. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sejumlah kepala desa (kades) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur menyambut gembira rencana pembubaran Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). 

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD bertemu dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Pertemuan mereka berujung kesepakatan pembubaran program TP4D dan TP4P.

Salah seorang Kades yang minta namanya tidak disebutkan, dengan terang-terangan mengaku senang jika TP4D dibubarkan. Bahkan ia mengaku tak hanya dirinya, namun beberapa rekan kades juga menyambut baik.

"Saya rasa nggak cuma saya, yang menyambut baik rencana pembubaran TP4D ini. Tetapi para kades lainnya, juga pasti sama, sebab pembangunan yang kami lakukan di desa bisa lebih fokus," katanya, Selasa (3/12/2019).

Keberadaan Tim TP4D selama ini, kata kades tersebut sudah sangat baik dalam mengawasi pembangunan di desa-desa. Apalagi, pemerintah pusat telah membuat aturan tentang keterbukaan anggaran. 

"Jadi dalam penggunaan anggaran kami juga sudah diawasi oleh masyarakat. Karena saat ini merupakan era keterbukaan informasi publik," ucapnya, menambahkan.

Sementara komentar berbeda datang dari salah satu Kades di Pulau Bawean. Abdul Hayyi, Kades Sukaoneng, Kecamatan Tambak tak mempermasalhkan rencana pembubaran TP4D.

Sebab menurutnya, pemerintah desa harus mengikuti prosedur yang ada dalam pembangunan di desa. Bahkan, dana desa juga sudah diawasi oleh aparat hukum serta masyarakat desa itu sendiri.

"Entah dibubarkan atau tidak, itu menjadi kewajiban kades mengikuti prosedur yang ada. Dana desa ini juga diawasi oleh kajaran kepolisian, makanya harus hati-hati. Intinya kami mendukung karena kebijakan juga dari pusat," kata kades asal Pulau Bawaen, Gresik ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES