Peristiwa Daerah

Seluruh Kepala Desa di Gresik Harus Pahami Penerapan Siskeudes

Selasa, 03 Desember 2019 - 19:28 | 60.85k
Wakil Bupati Moh Qosim saat memberikan sambutan pembukaan workshop (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Moh Qosim saat memberikan sambutan pembukaan workshop (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKKepala desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur harus memahami implementasi sistem tata kelola keuangan desa yang diterapkan dalam aplikasi Siskeudes.

Selasa (3/12/2019) pagi, seluruh  kepala desa mengikuti kegiatan workshop evaluasi implementasi sistem tata kelola keuangan desa.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melakukan evaluasi terhadap pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes yang telah diterapkan sejak tahun 2018. 

"Utamanya memberikan pemahaman bagi para Kepala Desa yang baru menjabat tahun ini," kata Moh Qosim Wakil Bupati Gresik.

Diungkapkan Qosim, kegiatan tersebut sangat penting sebab berbagai regulasi terkait pengelolaan keuangan desa telah diatur didalam Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. 

"Oleh sebab itu, seluruh kepala desa harus mampu memahami menerapkan sesuai peraturan yang berlaku," kata wabup Qosim.

Dalam kesempatan itu, orang nomor dua di Gresik tersebut juga menyampaikan beberapa poin penting terkait tata kelola keuangan desa.

"Kami mengajak jajaran Pemerintahan Desa untuk membangun komitmen dalam mengelola keuangan desa secara akuntabel," ujarnya

Kemudian, Wabup juga menyampaikan pemdes harus memperkuat koordinasi dan sinkronisasi kebijakan pengelolaan keuangan desa termasuk dana desa dalam rangka penafsiran terhadap regulasi yang telah ditetapkan.

Selain itu tambah Wabup, peran pengawaasan pemerintah daerah dalam menjamin terwujudnya akuntabilitas dan integeritas aparat pemerintah daerah dan pemerintah desa utamanya dalam hal pengelolaan keuangan desa.

"Dan juga secara stimultan terus meningkatkan kualitas pembinaan dan pengawasan aparat pemerintah daerah dan pemerintah desa melalui kerjasama penetapan teknologi informasi dan sinergitas pelaporan pengelolaan keuangan desa," ujarnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Pimpiman BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Pusat, Maliki Heru Santoso. Usai kegiatan tersebut diharapkan para kepala desa di Gresik memahami penerapan Siskeudes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES