Pemerintahan

Sinergikan Elemen Masyarakat Atasi Stunting di Kota Batu

Selasa, 03 Desember 2019 - 16:05 | 57.87k
Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Mensinergikan semua elemen masyarakat untuk mengatasi stunting di Kota Batu, Dinas Kesehatan Kota Batu menggelar Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah tahun 2019, Selasa (3/12/2019). 

Rakor ini membahas tuntas masalah stunting dengan menghubungkan berbagai elemen yang ada di Kota Batu, harapannya mereka melakukan gerakan mengantisipasi stunting di lingkungan masing-masing, namun sinergis dalam gerak langkah. 

"Hari ini Pemkot Batu dalam hal ini Dinkes menggelar rakor kesehatan pertama dengan melibatkan stake holder dengan harapan bisa segera turun menjadi zero," ujar Wakil Wali Kota Batu, Ir Punjul Santoso SH MM. 

Hal ini dilakukan karena hasil survei pemerintah pusat, angka stunting di Kota Batu beberapa bulan lalu mencapai 28,3 persen, dan saat ini angka stunting di Kota Batu mencapai 21-25 persen. 

Ir-Punjul-Santoso-SH-MM-b.jpg

Beberapa langkah penting harus dilakukan untuk menekan untuk angka stunting salah satunya dengan memberikan asupan makanan bergizi. 

Termasuk melakukan pengawasan ibu hamil dan menyusui melalui Posyandu dengan terus menekankan pemenuhan gizi. 

"Itu bisa terjadi kalau ada singkronisasi antar stake holder, termasuk memberikan pemahaman kepada orang tua dan calon orang tua memberikan asupan gizi anak," 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari menjelaskan bahwa penanganan stunting tidak bisa dilakukan sepotong namun harus menyeluruh. 

"Kita memakai pendekatan di semua siklus kehidupan dengan memberikan edukasi, mulai dari remaja putri, calon pengantin, ibu hamil hingga anak sekolah, harapannya tidak hanya stunting teratasi, namun terwujud lansia berkualitas," ujar Kartika, Kepala Dinkes Kota Batu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES