Peristiwa Daerah

Bupati Faida Sebut Difabel Bukan Beban Pemerintah di Hari Disabilitas Internasional

Selasa, 03 Desember 2019 - 16:20 | 43.27k
Bupati Jember dr Faida menyerahkan piagam penghargaan kepada difabel berprestasi di peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Jember, Selasa (3/2/2019). (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES INDONESIA)
Bupati Jember dr Faida menyerahkan piagam penghargaan kepada difabel berprestasi di peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Jember, Selasa (3/2/2019). (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES INDONESIA)

TIMESINDONESIA, JEMBERHari Disabilitas International (HDI) yang memasuki tahun ke-4, Selasa (3/12/2019) juga diramaikan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tepatnya di Alun-Alun Kabupaten Jember. Banyak acara yang digelar. Di antaranya jalan santai khusus difabel, pameran produk UMKM yang dikelola difabel, hingga bursa kerja (job fair) khusus difabel dan perempuan.

“Hari ini kita memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun ke-4, banyak kemajuan yang sudah dilakukan oleh Difabel Jember, diantaranya banyak difabel yang sudah mandiri secara ekonomi. Dari total jumlah difabel di Jember yang terdata ada 9.178 jiwa, sebagian sudah bisa mandiri secara ekonomi dengan mendapat pelatihan ketrampilan yang dilakukan oleh Pemkab Jember,” terang Bupati Jember dr Faida.

Dia mengatakan bahwa masih banyak yang harus dilakukan oleh Pemkab Jember untuk memberikan hak yang sama kepada difabel.

“Difabel bagi kami bukanlah beban, saya justru kagum dengan difabel yang ada di Jember, karena tidak banyak menuntut, mereka justru membantu pemerintah dalam menuangkan ide dan pikirannya untuk pembangunan, salah satunya adalah akses bagi difabel di kantor-kantor layanan publik,” ujarnya.

Faida mengatakan, dengan sumbangsih pikiran dan ide dari difabel, akses di kantor-kantor layanan publik khususnya di pemerintahan bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan dari difabel itu sendiri.

“Dulu kami sudah buatkan akses untuk difabel, tapi ternyata saat mereka (kaum difabel) melihat, ternyata tidak sesuai, sehingga mereka memberikan masukan dan arahan, dan hasilnya saat ini sudah sesuai dengan yang dibutuhkan mereka,” ungkap dia.

Ke depan Bupati Faida akan mengajak kelompok difabel untuk ikut mendatangi gedung-gedung besar yang ada di Jember untuk melihat apakah akses untuk difabel sudah sesuai dengan yang dibutuhkan apa belum.

“Nanti kami akan bersama-sama dengan difabel untuk mendatangi gedung-gedung besar di Jember, untuk mengecek apakah akses untuk difabel sudah sesuai apa belum, kalau masih belum, akan kami kerjakan bersama sesuai dengan yang dibutuhkan difabel,” imbuhnya saat menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional di Alun-Alun Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES