Indonesia Positif

UKM Pramuka Unisla Gelar Perkemahan Penerimaan Tamu Racana

Senin, 02 Desember 2019 - 18:50 | 199.10k
Para peserta perkemahan berfoto bersama di lapangan belakang kampus Unisla. (Foto: Rif'atul Machmudah/AJP TIMES Indonesia)
Para peserta perkemahan berfoto bersama di lapangan belakang kampus Unisla. (Foto: Rif'atul Machmudah/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Lamongan (Unisla) sukses melaksanakan Penerimaan Tamu Racana (PTR) tahun 2019.

Kegiatan penerimaan anggota baru ini dikemas dengan dua kegiatan, perkemahan dan seminar kewirausahaan yang sebelumnya telah dilaksanakan.

Untuk perkemahan sendiri dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, mulai Jum'at-Minggu, 29 November sampai 1 Desember 2019.

UKM-Pramuka-Unisla.jpg

Abdullah Farih, salah satu pembina UKM Pramuka Unisla, menuturkan, pendidikan Kepramukaan berbeda dengan pendidikan yang lainnya.

"Di dalam pendidikan kepramukaan dikenal Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK)," katanya saat membuka acara di lapangan belakang Unisla.

Farih membeberkan, prinsip dasar kepramukaan adalah asas yang mendasari pikiran, perkataan, dan perbuatan Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan metode kepramukaan adalah sistem dalam pendidikan kepramukaan.

Buku-Kepramukaan.jpg

"PDK dan MK ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain," ucap Farih.

Lebih lanjut Farih menjelaskan, ada sembilan metode kepramukaan yaitu, pengalaman kode kehormatan, kiasan dasar, belajar sambil melakukan atau learning by doing, sistem berkelompok, keterlibatan orang dewasa, kegiatan yang menarik dan menantang, kegiatan dialam terbuka, sistem tanda kecakapan dan sistem satuan terpisah.

Untuk diketahui, PTR kali ini diikuti oleh 131 peserta yang terbagi jadi dua Racana yaitu Dewi Andongsari dan Ronggo Hadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES