Pemerintahan

Menteri Desa Hadiri Jambore Inovasi Cegah Stunting di Lamongan

Selasa, 03 Desember 2019 - 13:37 | 92.51k
Rapat koordinasi untuk persiapan JISC. (FOTO: Istimewa)
Rapat koordinasi untuk persiapan JISC. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, LAMONGANMenteri Desa, Abdul Halim Iskandar, dijadwalkan akan hadir dan menyaksikan Jambore Inovasi Cegah Stunting (JICS) di Waduk Gondang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Jumat, (6/12/2019) mendatang. 

"Iya Jambore Inovasi Cegah Stunting akan dihadiri Menteri Desa," ujar Khusnul Yaqin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lamongan, Selasa, (3/12/2019). 

Khusnul mengaku, adanya JICS yang digelar di Waduk Gondang tersebut, merupakan komitmen Dinas PMD untuk menekan angka stunting di Kabupaten Lamogan.

Lebih lanjut Ia membeberkan, di JICS tersebut akan diisi dengan berbagai lomba yang diikuti oleh para kader pembangunan masyarakat dari seluruh kecamatan yang ada di Lamongan.

"Pesertanya nanti dibagi kecamatan-kecamatan, dan di setiap kecamatan itu nanti ada kader pembangunan masyarakat. Totalnya 462 kader, setiap desa ada 1 orang," kata Khusnul.

Sementara jenis lomba yang akan dilaksanakan pada JICS nanti, seluruhnya berkaitan dengan pengentasan stunting, mulai dari formula dalam memberikan makanan tambahan. 

"Kemudian lomba foto cegah stunting, lomba yel-yel cegah stunting, lomba kapasitas pengetahuan mereka tentang stunting, ada lomba cerdas cermat umum yang isinya tentang stunting," ujarnya.

Lebih jauh Khusnul mengatakan, berbagai lomba yang diselenggarakan tersebut sekaligus untuk mengetahui pengetahuan para kader pembangunan masyarakat tentang stunting.

"Nah selama mereka berproses di desa, kita ingin menunjukkan ke publik, kira-kira orang-orang ini serius atau tidak. Mereka ini nanti yang membantu kepala desa dan ikut berproses mencegah stunting. Mereka ini juga dilatih, ada pelatihan-pelatihan," tutur Khusnul terkait Jambore Inovasi Cegah Stunting di Lamongan yang rencananya juga dihadiri Menteri Desa tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES